Umat Buddha se-Jabodetabek Peringati Sembahyang Rebutan

by -1 views

METROPOLITAN – Mengangkat tema ’Berbakti kepada Orang Tua,’ ratusan umat Buddha menggelar ibadah Pattidana di Vihara Sian Jin Ku Poh, PWRI, Desa Tonjong, Ke­camatan Tajurlang, Kabupaten Bo­gor, kemarin. Informasi terhimpun, acara yang sering didengar dengan sebutan sembahyang rebutan di bulan ke­tujuh tersebut dihadiri tak kurang dari 400 jamaat se-Jabodetabek. Di Vihara yang sudah bercokol sejak 1969 tersebut, ratusan umat khu­syuk mengikuti serangkaian acara.

Tujuan kegiatan religius itu untuk mengingat perbuatan baik mendiang orang tua semasa hidupnya yang telah merawat keturunannya dari dalam kandungan sampai besar hingga menikah. Ketua Panitia Pattidana Suyanta menuturkan, dari 400 umat yang hadir, banyak didominasi dari wi­layah sekitar Desa Tonjong, Tang­erang dan Jakarta.

”Pengertian Pattidana yaitu pe­limpahan jasa-jasa kebaikan,” tu­turnya yang juga Pandita Muda Magabudhi Gunungsindur kepada Metropolitan, kemarin. Di sisi lain, ia menceritakan ter­dapat sejarah ketika Raja Bimbi­sara mempersembahkan dana per­tama kali kepada makhluk peta kala itu.

Yang ternyata saat itu banyak mak­hluk yang marah karena tidak rata pembagian, hingga akhirnya raja mengundang sang Buddha untuk berdana makan, yang pada akhirnya sang Buddha membeberkan dharma menyangkut hal leluhur lahir di alam tidak menyenangkan.

”Pattidana setiap tahun dipering­ati di bulan Agustus. Semoga almar­hum atau almarhumah (mendiang orang tua, red) turut berbahagia di alam sana dan dapat merasakan kebahagiaan yang kita lakukan. Dan diharapkan acara religius ini dapat dilaksanakan di tahun mendatang,” tandasnya. (yos/c/yok/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *