Wali Kota Tolak ASN Kerja di Rumah

by -41 views

METROPOLITAN – Wali Kota Bogor Bima Arya tak sependapat dengan wacana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refor­masi Birokrasi (KemenPAN-RB) agar Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa bekerja di luar kantor atau di rumah.

Bima menilai ASN bertugas untuk melayani masyarakat dan masalah utama ASN ada­lah soal etos kerja. Ia pun mempertanyakan apakah bisa jika dari rumah ASN me­layani masyarakat.

”Kalau saya melihatnya berbeda, jika orang yang bekerja di industri krea­tif mungkin bisa bekerja dari rumah. Tapi kalau pengabdi negara, apa bisa dari rumah? Saya sendiri selalu di lapangan kerjanya, malah jarang di ru­mah. Saya tidak paham jika ada paradigma PNS bekerja dari rumah,” kata Bima.

Bima mengaku ingin mem­pelajari dulu soal wacana itu. Sebab, sambungnya, kerja ASN itu bukan hanya soal pelayanan namun juga sebagai pelaksana kebijakan pejabat publik. ”Saya bukan tidak setuju. Apa yang ingin dituju dari bekerja di ru­mah. Kami harus melayani dan harus punya etos kerja, semua harus ada ukurannya,” ujarnya.

Sebelumnya, Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur Ke­menPAN-RB Setiawan Wangsaatmaja mengaku saat ini pihaknya sedang mendesain sistem kerja PNS di kemente­rian dan lembaga agar bisa meniru gaya perusahaan rin­tisan atau startup.

Karena hal itu, Wangsa men­gungkapkan bahwa ke depan PNS akan memiliki fleksibilitas kerja. Hal tersebut merupakan salah satu indikator birokrasi yang ditetapkan pihaknya. ”Nanti akan bisa kerja dari ru­mah, tinggal ngatur aturannya kayak bagaimana,” katanya dalam Forum Merdeka Barat di Auditorium KemenPAN-RB, Jakarta, Kamis (8/8).

Wangsa memaparkan, ber­dasarkan data Global Talent Competitiveness Index di 2018, Indonesia berada pada pering­kat 77 dari 119 negara. Skor terkecil yang didapat yakni pada poin global knowledge skills, terutama penguasaan IT.

Karenanya, sejak 2014, re­krutmen CPNS dilakukan dengan sistem IT. Selain un­tuk efisiensi, rekrutmen dengan cara baru itu bertujuan agar CPNS yang direkrut mema­hami IT. Diharapkan hal ter­sebut diterapkan dalam pe­kerjaan. (bs/rez/run)