Warga Bogor Bisa Nikah di Mal

by -28 views
UNIK: Warga Bogor saat menikah di Mal Pelayanan Publik (MPP) milik Pemkot Bogor, Lippo Keboen Raya, kemarin.

METROPOLITAN – Para calon pengantin biasanya melangsungkan akad nikah di rumah mempelai wanita atau gedung resepsi. Namun lain halnya dengan pasangan Dian Sopian yang menikahi wanita pujaan hatinya, Indri Dwi Lestari, di ruang publik. Tepatnya di Mal Pelayanan Publik (MPP) milik Pemerin­tah Kota (Pemkot) Bogor di Mal Lippo Keboen Raya, Rabu (21/8).

Keduanya tak sungkan meng­gelar hari bersejarahnya itu di MPP. Selain kemudahan yang ditawarkan Pemkot Bo­gor itu, pernikahan mereka semakin istimewa lantaran dihadiri Wali Kota Bogor, Bima Arya, sebagai saksi dari mempelai.

Dian Sopian menceritakan, awalnya mereka ditawari un­tuk melangsungkan pernika­han di Kantor Urusan Agama (KUA) yang membuka stan di MPP sekaligus stan khusus untuk prosesi ijab kabul. Ba­ginya, menikah di MPP lebih mudah, sehingga keduanya ingin melaksanakan akad ni­kah di area publik seperti MPP. Ia juga tak canggung ’jadi tontonan’ orang yang sedang dilayani di MPP.

”Awalnya ditawari lalu kita setuju. Di sini (akad nikah di MPP, red) karena lebih cepat, lebih simpel. Se­lain dapat buku nikah, kita juga bisa urus Kartu Keluarga (KK), kartu BPJS Kesehatan. Langsung jadi. Lebih simpel kan,” katanya kepada awak media. ­

Di tempat yang sama, Wa­li Kota Bogor, Bima Arya, menuturkan, meskipun ma­sih uji coba dan baru ren­cana bakal diresmikan pada 26 Agustus, animo masyara­kat dalam memanfaatkan pelayanan ini cukup tinggi. Terbukti dengan dilangsung­kannya pernikahan di MPP untuk pertama kalinya.

“Agak khas hari ini (kemarin, red) adalah adanya pelayanan untuk akad nikah di MPP. Disiapkan saja dokumen per­syaratan nikahnya lalu koor­dinasi dengan penghulu langsung bisa diurus di sini,” ujarnya.

Setelah akad nikah, menurut Bima, mempelai bisa langsung mendapatkan pelayanan urusan administrasi kepen­dudukan hingga layanan kesehatan untuk meng-up­date KK baru, termasuk KTP elektronik (KTP-el) hingga BPJS Kesehatan.

Demi menyukseskan salah satu program di MPP, politisi PAN itu mengaku siap men­jadi saksi bagi warga Kota Bogor yang akan melangs­ungkan prosesi akad nikah di MPP. “Setiap warga Kota Bo­gor bisa mendaftar di sini. Insya Allah, wali kota bisa jadi saksi jika waktunya cocok,” pungkasnya. (ryn/c/yok/py)