Warga Bojongnangka Swadaya Bangun Masjid Rp2 Miliar

by -
MEGAH: Ini masjid yang dibangun Warga Desa Bojongnangka RT 17/08, Kecamatan Gunungputri. Selain swadaya masyarakat, pembangunan masjid ini juga mendapat bantuan dari warga Arab Saudi.

GUNUNGPUTRI – Warga Desa Bojongnangka RT 17/08, Kecamatan Gunungputri, tengah berbahagia. Penyebabnya, pembangunan Masjid Jami Al Barokah sebentar lagi akan selesai. Dengan begitu, warga dapat dengan nyaman melaksanakan ibadah. “Pembangunan masjid tersebut bermula dari kurangnya luas bangunan Musolah Al Barokah. Sebelumnya, musala tersebut telah berdiri sejak 1997. Namun, dengan luas bangunan yang sangat kecil. Akhirnya kapasitas musala tidak dapat menampung seluruh warga untuk melaksanakan salat berjamaah.” ujar Ketua RT17/08 Desa Bojongnangka, Kecamatan Gunungputri, Herman kepada Metropolitan.

Herman mengaku, biaya pembangunan musala kemudian menjadi masjid tersebut pun didapat dari seluruh warga satu RT dan dana dari warga Arab Saudi, Puncak Bogor yang senantiasa melancarkan proses pembangunan. “Pembangunan sudah direncanakan sejak awal 2018 lalu. Namun, Oktober pengerjaannya baru dapat direalisasikan dengan dana sumbangan dari warga dan sebagian dari pihak warga Arab Saudi,” terangnya.

Menurut Herman, biaya pembangunan masjid dengan luas 16 x 17 meter itu mencapai Rp2 miliar. Diperkirakan selesai pada akhir September 2019. “Sekarang 90 persen selesai. Tinggal satu bulan lagi. Namun sudah bisa digunakan untuk salat Jumat berjamaah,” kata Herman.

Herman berharap, Bupati Bogor, Ade Yasin dapat memberikan bantuan dalam bentuk apa pun agar pembangunan masjid untuk tempat ibadah warga dapat secepatnya terselesaikan. “Kalau nanti saat peresmian warga ingin sekali Bupati atau wakil bupati  datang ke masjid,” imbuh Herman.

Untuk warga, Herman meminta agar lebih memperkuat kekompakan antar warga. Juga, sambungnya, agar lebih meningkat lagi semangat untuk beribadah. “Sekarang sudah kompak. Nanti bisa lebih kompak lagi dan semangat lagi. Karena sekarang luas bangunan tempat ibadahnya sudah sangat luas,” tandasnya.

Sementara, warga RT 17/08 Desa Bojongnangka, Endang Suryana mengucapkan terimakasih untuk para donator dan seluruh warga yang telah memberikan sebagian rizkinya untuk melancarkan proses pembangunan masjid. Ia pun berharap, agar warga dapat dengan senantiasa bersyukur dengan adanya tempat ibadah seluas saat ini. Dengan begitu, kata dia, warga juga diharapkan lebih semangat bersama-sama dalam menjaga kewajiban dalam melaksanakan ibadah berjamaah. “Semoga kita dapat bersama-sama lebih meningkatkan lagi ketaqwaan kepada Allah dengan melaksanakan ibadah berjamaah di masjid,” pungkasnya. (ndi/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *