Warga Kampung Manggis Hibahkan Jalan

by -36 views

DRAMAGA – Warga Kampung Manggis RT 04/04, Desa Dramaga, Kecamatan Dramaga menghibahkan tanahnya untuk pembangunan jalan desa sepanjang 135 meter. “Ada delapan warga yang secara sukarela menghibahkan tanahnya untuk kepentingan jalan desa,” ujar Pjs Kepala Desa Dramaga, Agus Kasianto.

Setelah dihibah, sambung Agus, pemdes bakal membuat surat peryataan hibah dari pemilik lahan. Ada juga sebagian warga yang sudah membuatkan surat pernyataan hibahnya. Untuk pembukaan dan pengerasan Jalan Manggisbaru sepanjang 135 meter bersumber dari bantuan Provinsi Jawa Barat (Jabar). “Pembukaan akses Jalan baru bersumber dari Banprov tahun 2019 sebesar Rp99 Juta, dan dikerjakan secara swakelola,” katanya.

Sementara itu, Ketua BPD Desa Dramaga, Lusman mengaku, kebutuhan akses jalan sangat urgen. Ketika Jalan Lingkar Dramaga (JLD) dibuka, masyrakat Kampung Manggis ingin ada akses jalan tembus dari RW 04 ke JLD. Lewat musrenbang tingkat desa, perangkat wilayah mengusulkan adanya pembukaan jalan. “Sebelumnya warga harus memutar arah lewat Jalan Sersan Muktar, dengan dibukanya Jalan Manggis Baru akses jalan semakin dekat,” bebernya.

Ia menambahkan, antusias masyarakat akan adanya jalan baru sangat tinggi. Terbukti warga mengibahkan lahannya untuk kepentingan umum. Tak hanya itu, warga juga ikut kerjabakti. “Setelah pembukaan jalan dan pengerasan jalan, nantinya kita usulkan agar Jalan Manggis baru diaspal,” tukasnya. (ads/b/els)