15 Penerbangan Garuda Gagal gegara Asap

by -27 views

METROPOLITAN – PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk kembali membatalkan 15 penerbangan lantaran dampak dari kabut asap.

Kemarin, maskapai pelat merah ini sudah membatalkan 12 penerbangan. Sebanyak 15 penerbangan yang dibatalkan di sejumlah sektor penerbangan domestik itu pada periode 16 September 2019-19 September 2019.

Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia, M Ikhsan Rosan, mengatakan keputusan itu diambil perusahaan dengan alasan mengedepankan aspek keselamatan dan keamanan. Sebab, adanya kabut asap di Kalimantan dan Sumatera membuat jarak pandang penerbangan sangat terbatas.

”Perlu kiranya kami sampaikan pembatalan penerbangan Garuda Indonesia tersebut mempertimbangkan perkembangan situasi terkini atas dampak dari intensitas kabut asap tersebut terhadap keamanan dan keselamatan penerbangan. Untuk itu, kami mengimbau penumpang melakukan pengecekan secara berkala jadwal penerbangan mereka,” jelas Ikhsan.

Tak hanya itu, Garuda Indonesia juga melakukan penyesuaian jadwal untuk sejumlah penerbangan yang terdampak. ”Dampak kabut asap terhadap kondisi operasional penerbangan tersebut telah kami antisipasi melalui upaya mitigasi penanganan penerbangan yang terdampak, termasuk penanganan penumpang,” katanya.

Selain membatalkan penerbangan, hari ini (16/9) Garuda Indonesia turut mengalihkan penerbangan pada nomor penerbangan GA 580 dan GA 582 Rute Jakarta-Samarinda yang dialihkan ke Balikpapan.

Dengan situasi ini, seluruh penumpang Garuda Indonesia yang terdampak pembatalan jadwal penerbangan Garuda Indonesia diberikan pilihan untuk mengubah jadwal penerbangan (reschedule). Bahkan, penumpang juga diberikan pilihan untuk melakukan reroute atau melakukan refund sesuai ketentuan yang berlaku. (dtk/mam/py)