176 Kepsek dan Wakasek SMP Dilatih SPMI

by -223 views
PAPARKAN: Kasi Kurikulum dan Penilaian SMP Disdik Kabupaten Bogor, Rony Kusmaya tengah memaparkan poin-poin penting dalam pelatihan SPMI jenjang SMP di Megamendung, kemarin.

METROPOLITAN – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor menggelar pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) jenjang SMP di Megamendung, kemarin. Kegiatan yang diselenggarakan selama tiga hari sejak Senin hingga Rabu (16-18/9) ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas manajerial lembaga.

Kasi Kurikulum dan Penilaian SMP Disdik Kabupaten Bogor, Rony Kusmaya, mengatakan kegiatan ini diikuti oleh Kepala dan Wakil Kepala Sekolah penjaminan mutu SMP Negeri. “Jumlah peserta mencapai sebanyak 176 orang,” katanya.

Menurutnya, paparan materi melibatkan akademisi dan elemen Disdik Kabupaten Bogor melalui pengawas. Yakni mencakup lima dasar seperti Pancakarsa Bogor Cerdas, pemetaan mutu SPMI, penyusunan rencana pemenuhan mutu, evaluasi pelaksanaan perencanaan, penyusunan strategi penerapan hingga post tes.

Sementara itu, Kadisdik Kabupaten Bogor, Entis Sutisna, menuturkan ada enam poin yang harus dilakukan kepala sekolah dalam penerapan SPMI. Mulai dari pengisian rapor mutu pendidikan, manfaat program, menganalisis rapor, merencanakan target untuk pemenuhan mutu, melaksanakan program peningkatan mutu hingga pengawasan monitoring evaluasi kegiatan.

Menurutnya, penerapan SPMI juga akan disingkronisasikan dengan program bupati yakni, Bogor Cerdas untuk pengefektifan kualitas mutu di sekolah. “Dalam hal ini juga pengawas akan berperan sebagai mentor evaluasi dan monitoring di sekolah terkait penerapan SPMI. Di mana setiap lembaga akan dibentuk tim penjamin mutu dan kami juga berencana melakukan sidak dadakan untuk melihat perkembangannya di lapangan,” ujarnya.(rez)