188 Kepsek Digeber Diklat

by -
SAMBUTAN: Sekda Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat tengah memberikan sambutan dalam program Diklat penguatan Kepala Sekolah 2019 yang berlangsung di Megamendung, Kabupaten Bogor.

METROPOLITAN – Sebanyak 188 kepala sekolah (Kepsek) mulai dari tingkat TK, SD hingga SMP se-Kota Bogor mengikuti program Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) penguatan Kepala Sekolah 2019. Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor ini berlangsung di Megamendung, Kabupaten Bogor sejak Senin hingga Kamis (2-12/9).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat secara resmi membuka Diklat tersebut. Menurutnya, program penguatan ini merupakan kewajiban bagi seorang kepala sekolah. “Kepala sekolah adalah tugas tambahan bagi seorang guru, yang dipercaya untuk memimpin dan mengelola sekolah demi kepentingan pendidikan,” kata Ade.

Ade menuturkan, ada empat fungsi yang harus dilakukan. Pertama fungsi manajerial, di mana setiap kepala sekolah harus mampu memberi nuansa nyaman dan aman bagi warga sekolah. Kedua, fungsi perencanaan yang akan mempengaruhi setiap mimpi, misi dan visi sekolah dari kepala sekolah didukung semua warga sekolah.

“Selanjutnya yang ketiga, fungsi pengawasan untuk memastikan apa yang direncanakan oleh bapak dan ibu dapat berjalan maksimal. Keempat adalah fungsi dukungan sosial yang memang diperlukan sebagai bentuk kolaborasi,” lanjut Ade seraya menjabarkan, di akhir diklat, para peserta diharuskan membuat laporan berupa proyek perubahan yang akan diimplementasikan di sekolah masing-masing.

Sementara itu, Kepala Disdik Kota Bogor, Fahrudin, menuturkan kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi para kepala sekolah di Kota Bogor. “Disamping itu bertujuan untuk memperdalam pengetahuan para kepala sekolah dalam mengelola sekolah,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Disdik Kota Bogor yang sekaligus ketua panitia diklat, Jana Sugiana, menjelaskan program tersebut diselenggarakan dalam dua angkatan. Untuk angkatan pertama dilaksanakan dari 2-12 September dengan peserta berjumlah 89 orang. Untuk angkatan kedua akan berlangsung pada 5-12 September dengan jumlah peserta 89 orang.

Dalam diklat tersebut akan dihadirkan para narasumber dari Pemerintah Kota Bogor, Lembaga Pendidikan Pelatihan Kepala Sekolah (LPPKS), BKPSDA dan perwakilan Universitas Ibnu Khaldun Bogor.(*/rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *