9 Bayi Lahir di 19-9-19

by -
BAHAGIA: Seorang warga tengah berbahagia lantaran bayinya lahir di tanggal cantik, 19-9-19.

METROPOLITAN – Tanggal 19 September 2019 menjadi hari yang spesial bagi sebagian keluarga di Kota Bogor. Bagaimana tidak, tak kurang dari sembilan bayi lahir di beberapa Rumah Sakit (RS) se-Kota Bogor. Malah empat diantaranya memang ‘sengaja’ dipilih oleh keluarga untuk dilahirkan pada tanggal unik itu, setelah mendapat persetujuan dari dokter yang menangani.

Seperti yang diutarakan Bilal Al Bakrie (38), warga Cikaret, Kecamatan Bogor Selatan, yang memilih untuk diupayakan kelahiran pada 19-9-19 ini setelah mendapat persetujuan dokter di RS Ummi, Kecamatan Bogor Selatan. Pria berjanggut itu menceritakan, awalnya ia dan keluarga tidak ngeh, lantaran sejak awal, perkiraan dari dokter ada di minggu ini istrinya Nafilah (32), akan melahirkan anak ketiganya. Maksimal di tanggal 20 September.

“Setelah berobat terakhir, kata dokter boleh nih request di tanggal 19. tanggal cantik, apalagi memungkinkan karena maksimal prediksi tanggal 20. Rabu (18/9) malam, sudah kerasa, kami langsung siap-siap ke RS. Bismillah, memungkinkan kata tim dokter, akhirnya jalan lewat operasi sesar tadi pagi (kemarin, red) lahir bayi ketiga kami di tanggal cantik,” katanya saat ditemui Metropolitan, kemarin.

Rencana itu juga, sambung dia, tidak terencana sejak awal. Hanya saja saat waktu seminggu menjelang prediksi waktu melahirkan maksimal, keluarga baru ‘ngeh’ ada tanggal unik. “Alhamdulillah tadi jam 7 operasi, jalannya dipermudah, lahir bayi kami dengan berat 2,9 kilogram dan panjang 47 sentimeter. Rencana kami namai anak ketiga kami Salman, pria saleh yang lahir di tanggal unik,” ungkap Bilal.

Selain Salman, ada empat bayi lain yang lahir di RS Ummi di tanggal 19-9-19, yang kesemuanya merupakan permintaan keluarga pasien namun disertai izin dari tim dokter karena prediksi waktu persalinan memungkinkan. “Total ada lima bayi yang lahir hari ini di RS Ummi. Empat diantaranya memang minta hari ini (kemarin, red), alhamdulillah secara medis juga memungkinkan,” kata Direktur Pelayanan RS Ummi dr Andi Tatat.

Tak cuma di RS Ummi, kelahiran bayi di tanggal unik 19-9-19 juga terjadi di RS Ibu Anak Pasutri. Menurut, Wakil Direktur Non Medis RS Pasutri Ukar Sukarna, mengatakan, hingga sore hari, ada dua ibu yang melahirkan bayinya di 19-9-19, yakni bayi dari Desy Arainy dan Nita Ayuningsih, warga Kota Bogor. Namun keduanya bukan ingin melahirkan pada tanggal unik ini, tapi lebih kepada alasan medis. “Keduanya melahirkan operasi sesar. Sebetulnya mereka nggak request, hanya saja karena kepentingan secara kesehatan, harus diupayakan hari ini (kemarin, red). Sebetulnya ada empat lagi yang rencananya mau lahiran, tapi hingga sekarang belum,” ungkapnya.

DI tempat lain, yakni di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor, Kasubag Hukum dan Humas RSUD Kota Bogor Taufik menuturkan, ada dua bayi yang lahir di RSUD Kota Bogor di tanggal unik 19-9-19. Namun kesemuanya tidak melalui permintaan keluarga pasien, tapi lebih kepada waktu yang sudah terjadwal waktu kelahiran.

“Ada dua orang, yang satu lahir jam 09:20 WIB, laki-laki, dari keluarga asal Kabupaten Bogor. Satu lagi jam 12:30 WIB, perempuan, juga dari keluarga asal Kabupaten Bogor. Lahir dengan operasi, karena sudah waktunya saja. Bukan karena permintaan,” tutup Taufik. (ryn/c/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *