Balon Kades Ciadeg Gugur Satu

by -148 views
RAPAT: Panitia Pilkades Ciadeg, Kecamatan Cigombong, saat menggelar rapat koordinasi terkait delapan orang yang lolos seleksi administrasi.

METROPOLITAN – Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Ciadeg, Kecamatan Cigombong menggelar pertemuan dengan bakal calon kepala desa di ruang pertemuan Kantor Desa Ciadeg, kemarin.

Ketua Panitia Pilkades Ciadeg mengatakan, dari sembilan bakal calon (balon) yang mendaftar, hanya ada satu orang yang dinyatakan gugur. Hal ini dilakukan setelah panitia menggelar memeriksa berkas dan memverifikasinya. “Satu orang gagal karena ketidaklengkapan administrasi. Salah satunya dalam bidang kesehatan,” katanya.

Bendahara Panitia Pilkades Ciadeg, Ujang Munawar menuturkan, tahapan yang pertama sudah dilalui yaitu kelengkapan berkas. Selanjutnya sebanyak delapan balon kades Ciadeg akan mengikuti tes seleksi tahapan Pilkades di tingkat kecamatan pada Kamis (12/9) besok. Sebelumnya, Ketua Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) Ciadeg, Mano meminta panitia Pilkades Ciadeg dapat menjaga netralitasnya. Hal ini demi terciptanya situasi yang kondusif dan suksesnya pelaksanaan Pilkades.

Menurutnya, panitia Pilkades harus mengedepankan netralitas dan bekerja jujur dalam menjalankan tugas dan fungsinya. meskpun nantinya diantara para calon kepala desanya itu ada yang jadi anggota keluarganya. “Tidak lama lagi, Kabupaten Bogor akan melaksanakan pesta demokrasi pilkades secara serentak yang akan digelar pada November 2019 sekarang. Karena itu, kami berharap demi terciptanya Pilkades Ciadeg berjalan aman, lancar dan damai jaga netralitas, sebab ini sangat penting,” katanya.

Senada dikatakan Pjs Desa Ciadeg, Juma Wiyatmaja yang menilai bahwa pentingnya menjaga kondusifitas wilayah dalam pelaksanaan Pilkades. Terutama, dalam menjaga kesepakatan bersama pembentukan dan pelantikan panitia pilkades ini, yakni melaksanakan setiap tahapan – tahapannya secara etika dan tanggung jawab.

“Jadi, intinya harus mematuhi segala peraturan perundang-undangan yang berlaku serta tidak melakukan pelanggaran hukum dalam setiap tahapan pilkades dan yang paling penting menerima hasil dari pada pilkades itu sendiri,” ujarnya.

Sementara, Camat Cigombong Basrowi berharap agar apa yang telah dilaksanakan hari ini bisa terwujud sesuai harapan masyarakat Ciadeg. Tentunya, dalam hal ini bersama – sama menjaga keamanan dan ketertiban dalam setiap tahapan.

“Taati segala peraturan yang berlaku, karena bagaimanapun juga kondusifitas wilayah menjadi perhatian khusus dari kami. Mari, jaga pelaksanaan pilkades serentak yang akan dilaksanakan di wilayah Cigombong ini untuk tidak diciderai oleh tindakan-tindakan yang melanggar hukum, sehingga merugikan kita semua,” terangnya. (lb/tj/els)