Bangunan SDN 05 Curug Ancam Keselamatan Siswa

by -16 views
RAWAN ROBOH: Guru SDN 05 Curug memperlihatkan kondisi sekolah yang rawan roboh.

JASINGA – SDN 05 Curug di Kampung Cibentang, Desa Wirajaya, Kecamatan Jasinga, kondisinya sangat memprihatinkan. Atap, lantai dan dindingnya sudah rapuh. Bahkan, pintu kantor sekolah sudah terlepas. Jika dibiarkan terus berlarut, dikhawatirkan gedung sekolah bisa ambruk dan membahayakan siswa yang tengah belajar.

Guru SDN 05 Curug,  Rahmat (33) mengaku,  pihak sekolah pernah mengajukan proposal renovasi sekolah melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan, tapi tak kunjung datang hanya dijanjikan saja. Padahal, kondisi atap kayu sekolah sudah keropos dimakan rayap dan rawan roboh. “Pernah kayu atap sekolah jatuh, untungnya ruang kelas kosong tidak ada siswa. Saya khawatir, gedung sekolah roboh saat proses belajar mengajar,” ungkapnya.

Ia berharap, kepada Dinas Pendidikan dan Bupati Bogor Ade Yasin agar memperhatikan sekolahnya. Apalagi wilayah Desa Wirajaya berbatasan dengan Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, sangat memalukan kalau sekolah ini sampai roboh. “Kami sebagai guru takut sekolah roboh dan meminta pemkab segera memperbaiki sekolah yang rawan roboh,” pintanya.

Sementara itu, Kepala SDN 05 Curug Muhammad Suryana mengaku, baru satu minggu menjabat kepala sekolah. Pertama masuk kerja dan melihat kondisi sekolah, ia merasa miris karena kurang perhatian Pemkab Bogor. “Saya sendiri kaget saat pertama kali ditugaskan di sini. Saat masuk ruangan cukup memprihatinkan.  Langkah ke depan, kami akan menyurati Pemkab Bogor untuk segera merenovasi sekolah,” tukasnya. (ads/c/els)