Bogor Wonderful Golf Datangkan Wisatawan

by -36 views

METROPOLITAN – Kabupaten Bogor kembali menghelat Bogor Wonderful Golf pada 22 dan 23 September mendatang. Event berskala internasional itu akan diikuti pegolf dari sejumlah negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam dan beberapa negara lainnya.

Hal itu senada dengan program Bogor City of Sport and Tourism. Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, event Bogor Wonderful Golf merupakan upaya peningkatan kunjungan wisata dengan mengoptimalkan potensi yang ada, serta dikemas dengan baik dan menarik. “Golf dengan seni budaya merupakan aktivitas yang bukan hanya dilaksanakan dan dinikmati sesaat, tetapi bisa dilaksanakan berulang kali dan mampu menyerap wisatawan, baik wisatawan Nusantara maupun mancanegara,” kata AY, sapaan akrabnya.

Selain untuk menarik pengunjung datang ke Kabupaten Bogor, ternyata AY memiliki tujuan lain, yaitu untuk memperkenalkan wisata Bogor kepada dunia. Ia pun menyebutkan beberapa wisata andalan yang ada di Bogor yang selama ini belum banyak diketahui wisatawan mancanegara.

Seperti Wisata Alam Malasari, Arung Jeram Caringin dan Kebun Teh Nirmala. Untuk wisata olahraga, ia menegaskan bahwa Stadion Pakansari merupakan salah satu ikon yang ada di Kabupaten Bogor, yang sudah ditunjuk untuk menjadi venue berbagai even bertaraf internasional.

“Kita juga sudah bekerja sama dengan Pemerintah Korea untuk membentuk kawasan wisata eco edu di Sentul. Kita harus bisa lebih menunjukkan kepada dunia, bahwa Bogor itu merupakan daerah yang cocok untuk berwisata,” imbuhnya.

Dari banyaknya wisatawan yang datang, Ade Yasin memastikan akan mengangkat perekonomian yang ada di Kabupaten Bogor. Mulai dari hasil Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang akan dikenal, sampai nantinya akan ada penyerapan tenaga kerja di lokasi wisata.

“Sekarang sudah harus dimulai revolusi industri. Jangan lagi berpikiran untuk mencari kerja. Tapi kita harus mulai bisa berkarya, baik itu dari UMKM ataupun mengelola lokasi wisata,” tegasnya.

Terpisah, Bendahara Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Bogor Dede Ediana Sobri mengatakan, di Kabupaten Bogor sendiri sudah ada sebelas lokasi golf bertaraf internasional. Sehingga, menurutnya, hal tersebut merupakan salah satu modal utama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor untuk bisa mendatangkan turis mancanegara melalui berbagai even perlombaan golf.

Dalam Bogor Wonderful Golf ternyata bukan hanya perlombaan golf saja yang akan diselenggarakan, tetapi akan ada empat cabang olahraga lainnya yang juga akan diselenggarakan dengan tema Sport Tourism.

Di tahun keempat ini, BPPD menyebutkan minimal ada lima cabang olahraga yang sudah siap menjadi tujuan Sport Tourism, seperti motor cross, fun bike, mountain bike, golf dan paralayang. “Even Bogor Wonderful Golf tahun ini pastinya akan berbeda dengan tahuntahun lalu, karena tahun ini bukan hanya golf,” ujarnya.

Ia mejelaskan, perputaran uang pada penyelenggaraan even ini cukup signifikan. Sehingga tentu hal tersebut akan memberi keuntungan bagi Kabupaten Bogor dari segi pendapatan dan juga pengembangan lokasi wisata.

“Dari sirkulasi perputaran uang pada even ini cukup banyak, seperti contoh ketika wisatawan membelanjakan uangnya untuk hotel, akomodasi, kuliner, tiket pertandingan, serta oleh-oleh. Minimal 600 US Dolar selama di Bogor dikali seribu orang saja, maka peredaran uang di masyarakat bisa dibayangkan meningkat signifikan,” pungkasnya. (cr2/c/mam/run)