Bupati Bogor: Relokasi dan Uang Kerahiman Warga Naringgul Bukan Tanggung Jawab Pemkab

by -31 views
Petugas melakukan pembongkaran bangunan di Kampung Naringgul, Desa Tugu Utara, kecamatan Cisarua, Rabu (4/9). (Foto: Sandika/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Bupati Bogor Ade Yasin mengaku urusan relokasi dan uang kerahiman warga Naringgul, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua yang rumahnya dibongar bukan tanggung jawab Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

“Itu antara yang punya lahan saja dengan masyarakat kesepakatannya seperti apa. Pemkab Bogor hanya menjalankan penertiban bangunan liar supaya tidak semakin banyak,” kata Ade Yasin di Gedung Tegar Beriman, Kamis (5/9).

Begitu juga dengan tempat relokasi, bukan menjadi tanggung jawab Pemkab Bogor. Sebab, warga yang terkena penggusuran, bangunannya berdiri pada lahan yang bukan milik mereka.

“Kita tidak punya kewajiban untuk relokasi. Lahan itu ditertibkan untuk kemudian ditata ulang tapi tidak di perkeras karena untuk menjaga lahan menjadi resapan air dan memang bukan untuk rumah tinggal,” ungkapnya.

Sebelumnya, Satpol PP Kabupaten Bogor membongkar sekitar 58 bangunan di Kampung Naringgul. Pembongkaran ini sempat mendapat perlawanan warga lantaran mereka menganggap tidak ada kejelasan usai pembongkaran. Meski demikian, petugas tetap meratakan bangunan tersebut. (fin)