Dari Celengan Warga, 24 Anak Bisa Khitanan Gratis

by -

METROPOLITAN.id – Kekompakan warga RW 02 Kelurahan Tajur, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor patut diapresiasi. Secara sukarela, warga selalu menyisihkan uang Rp500 ke dalam botol selama satu tahun. Hasilnya, warga bisa menggelar aksi sosial berupa khitanan massal hingga tabligh akbar.

Dana yang terkumpul dalam satu tahun mencapai Rp24 juta. Caranya sederhana. Pengurus memberikan celengan dan warga mengisi tiap hari sebesar Rp500.

Acara sosial hasil tabungan warga digelar bertepatan dengan peringatan 1 Muharram 1441 Hijriah. Selain khitanan massal dan tabligh akbar, ada juga santunan untuk yatim.

Tokoh masyarakat sekitar, Dedi Rustandi mengatakan, kegiatan ini rutin diadakan sebagai bentuk kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitar. Caranya dengan melakukan aksi nyata dan sinergi antara sesama.

“Kita ingin masyarakat bisa guyub, bersama-sama berbuat sesuatu yang nyata bagi lingkungannya. Acara ini juga rutin dari tahun ke tahun,” kata Dedi.

Sementara itu, Pimpinan Pondok Pesantren Darul Ibtida, K.H Sobandi Abdussalam mengaku kegiatan peringatan tahun baru Hijriah ini rutin di adakan sejak 1997. Tajur juga disebut menjadi pelopor pawai obor di Kota Bogor dalam memperingati tahun baru hijriah.

“Kegiatan ini rutin di adakan sejak tahun 1997 lalu, bahkan pawai obor di Kota Bogor untuk memperingati tahun baru hijriah, Tajur yang pertama kali melakukan pawai obor,” ucap Sobandi.

Menurutnya, celengan hasil kolektif warga juga tak hanya untuk kegiatan hari besar Islam. Uang itu juga digunakan untuk beasiswa pelajar asal Tajur.

“Dari celengan warga tajur ini, sejumlah warga yang sekolah ataupun pesantren bisa dapat beasiswa bagi mereka yang tidak mampu dan berprestasi,” tandasnya. (mul/b/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *