Dibeton, Jalan Parakan Ciomas Ditutup

by -113 views
SIDAK : Pengawas Jalan UPT Wilayah III, mengecek pengerjaan ruas Jalan Parakan Ciomas, kemarin.

CIOMAS – Akses Jalan Parakan Ciomas di Kecamatan Ciomas bakal ditutup total. Penutupan ini di sebabkan adanya peningkatan jalan sepanjang dua kilometer yang menghubungkan Desa Pakaran dengan Desa Mekarjaya. Warga dua desa itu pun terpaksa harus memutar arah lewat jalur alternatif Kebun Raya Residence.

Kepala Desa Parakan, Itoh Masitoh, mengatakan, sebelum pengerjaan jalan Pemdes Parakan mengundang pemborong untuk mensosialisasikan adanya pengecoran dan penutupan jalan. “Tujuanya agar masyarakat mengetahui akan adanya pembangunan jalan dan rencana penutupannya,” kata Itoh, saat ditemui wartawan koran ini, kemarin.

Menurutnya, ketika jalan ditutup, tentunya warga harus melewati jalur alternatif Kebun Raya Residence. Ia berharap, pembangunan jalan ini tidak asal- asalan, meningat jalan tersebut merupakan penghubung dua desa. “Saya berharap dengan dibetonnya jalan ini, roda perekonomian warga meningkat dan bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan,” katanya.

Sementara itu, Pengawasan Jalan wilayah Ciomas, Rahmat, menjelaskan, ruas jalan ini sudah dua tahun rusak dan perlu ditingkatkan. Alhamdulillah, semua itu bisa teralisasi di tahun ini,” ucap Rahmat.

Dengan adanya peningkatan jalan, sambung dia, arus kendaraan menjadi lancar dan pengendaraan tidak terganggu dengan kondisi jalan yang rusak. Terlebih, proyek ini menelan anggaran senilai Rp3,1 M dari APBD Kabupaten Bogor.

Terpisah, Pelaksana peningkatan Jalan Parakan Ciomas CV Antar Nusa, Sopian, menuturkan, sesuai dengan kontrak kerja pengerjaan peningkatan Jalan Parakan Ciomas dikerjakan selama 120 hari kalender. Untuk pekerjaaanya diantaranya betonisasi Jalan, pemasangan Bokcaver, dan perbaikan drainase jalan.

“Sebelum pekerjaan jalan, kita juga sudah mensosialisasikan ke dua desa, termasuk adanya penutupan total Jalan sampai beton kering dan bisa di lewati. Untuk pengecoran jalan bakal dikerjakan malam hari agar tidak mengagu aktiftas warga,” tukasnya. (ads/c/yok)