Disbudpora Gelar Pasanggiri Jaipong dan Lomba Tumpeng

by -

SUKABUMI, – Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Sukabumi gelar  Pasanggiri Jaipong dan lomba kreatifitas olahan makanan berbahan lokal (Nasi Tumpeng,red) serta lomba menghias kue dalam rangka  Milangkala ke-149 Kabupaten Sukabumi di Lapangan Cangehgar, Palabuhanratu, kemarin.

Giat yang mengambil tema ‘Ngamumule Budaya Sunda’ itu dihadiri Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Wakil Bupati Adjo Sardjono. Pembukaan secara resmi di tandai dengan Tepak Gendang.

“Pasanggiri Jaipongan diharapkan bisa mengembangkan karier dalam seni budaya bagi para peserta. Sebab Pasanggiri Jaipongan merupakan bagian dari pendidikan, melalui jalur prestasi, bisa melahirkan maestro seni dan budaya,” kata bupati.

Terkait dengan lomba Nasi Tumpeng serta lomba menghias kue, bupati mengajak agar kegiatan ini bisa menjadi media sosialisasi tentang pentingnya mengkonsumisi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman.

“Saya  menghimbau untuk tetap mempertahankan kreasi  makanan berbahan dasar pangan lokal yang sering disajikan oleh generasi sebelumnya,  dan juga saya berharap para peserta dapat memasyarakatkan pola makan dengan menu yang bergizi dan berimbang,” ungkapnya lagi.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Iwan Kusdian, peserta Pasanggiri Jaipongan tak kurang dari 40 grup dari berbagai sanggar seni tari dengan total 170 orang peserta. Sementara untuk kegiatan lomba tumpeng diikuti seluruh kader PKK kecamatan se-Kabupaten Sukabumi.

“Kegiatan Ini merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi ke-149 Kabupaten Sukabumi dan kegiatan ini bertujuan untuk menjaga, mencintai dan melestarikan budaya kearifan lokal yang dimiliki,” tandasnya. (ade/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *