Hari Ini Cijeruk Umumkan Nama Calon Kades

by -147 views
SERIUS: Sejumlah balon kades di Kecamatan Cijeruk saat mengikuti tahapan Pilkades Serentak 2019 Kabupaten Bogor di kantor kecamatan, kemarin.

METROPOLITAN – Proses pemilihan kepala desa (Pilkades) di Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor memasuki babak baru. Rencananya, hari ini panitia Pilkades di masing-masing tingkat desa akan mengumumkan nama-nama calon kades yang akan bertarung di Pilkades serentak 2019 Kabupaten Bogor. Hal itu diutarakan Camat Cijeruk, Hadjiana. “Sesuai kesepakatan, besok (hari ini) panitia akan menetapkan dari balon menjadi calon Kades,” kata Hadjiana, kemarin.

Dalam kesempatan ini, camat juga meyakinkan bahwa proses Pilkades di wilayahnya sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku. Baik itu tahapannya, penjadwalan, hasil pantauan dan koordinasi antara panitia kecamatan dan panitia desa serta laporan dari PJ Kepala Desa yang telah ditunjuk oleh pemerintah kecamatan.

“Semua tahapan sudah sesuai pedoman dan jadwal yang sudah disepakati. Pada pokoknya panitia desa maupun kecamatan harus melaksanakan tugasnya sesuai prosedur, apabila ada masalah kita ada jalur hukum,” ucap dia. “Namun harus tetap bekerja secara profesional, karena Pilkades ini merupakan amanat yang harus tetap dilaksanakan dan tetap harus berjalan sesuai UUD,” sambungnya.

Untuk menjaga kondusifitas desa, dijelaskan Hadjiana, pihaknya telah menunjuk pejabat Kepala Desa dengan tujuan agar memudahkan koordinasi antara pemerintah desa dengan pemerintah kecamatan, baik dari segi keamanan, ketertiban hingga kelancaran dalam pelaksanaan Pilkades nanti.

“Mereka (PJ Kades) harus lebih bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya, bukan hanya pilkades saja tapi juga pembangunan yang harus tetap dilaksanakan sesuai RPJMdes yang telah disusun. Saya juga meminta agar mereka harus netral dalam Pilkades ini supaya Pilkades serentak ini aman dan lancar sesuai harapan kita bersama,” ujarnya.

Sekadar diketahui, Pilkades di wilayah Kecamatan Cijeruk diikuti sebanyak 23 calon dari lima desa yang ada. Dengan rincian, Desa Palasari diikuti sebanyak empat calon, Desa Cipicung sebanyak 5 calon, Desa Tajurhalang sebanyak lima calon, Desa Sukaharja sebanyak lima calon serta Desa Cijeruk sebanyak empat calon.(nto/b/rez)