Inilah 5 Tempat Wisata Yang Dilarang Untuk Dikunjungi

by -86 views

METROPOLITAN – Mau berwisata? Kalau lagi buat planning wisata, biasanya yang terbayang adalah tempat-tempat yang seru, mengasyikkan dan mempesona.

Atau, tempat-tempat yang penuh dengan spot permainan, alam yang khas, atau nuansa sejarah yang megah.

Tapi pernah gak sih berpikir untuk berwisata ke tempat yang serem, angker, horror dan berbau mistis? Hmm, siapa sih yang mau wisatanya terkontaminasi dengan hal-hal yang bisa bikin bulu kuduk gak mau tidur? Ada loh, orang-orang dengan nyali besar dan suka tantangan mistis.

Indonesia pun kaya akan deretan tempat wisata seram yang siap bikin jantung kamu dag dig dug derrr.

Buat kamu yang tak punya nyali besar dan tak punya jantung yang kuat, duh jangan berani deh datang ke tempat wisata paling seram di Indonesia ini.

Tapi buat kamu yang ngaku bernyali besar dan suka tantangan, yuk kita coba menikmati tempat wisata yang cantik dan menarik tapi sekaligus dibalut dengan nuansa horor paling aduhai di Indonesia ini.

1.Pulau Kumala, Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur

Nama Pulau Kumala memang tak begitu tenar sebagai spot wisata di Indonesia. Pulau ini berbentuk seperti delta yang terletak di tengah Sungai Mahakam.

Pulau ini terletak memanjang hingga ke bagian barat Tenggarong, wilayah Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

Sebelum tahun 2000, Pulau Kumala adalah pulau kosong tanpa ada bangunan atau aktifitas apapun. Ya, yang ada di sana hanya semak belukar yang tumbuh liar. Baru kemudian di tahun 2002, pulau ini resmi dibuka untuk umum sebagai tempat wisata.

Buat yang ingin menikmatinya keindahan pulau yang masih alami ini, kamu cukup membayar biaya karcis masuk yang murah. Sekitar Rp 2000 saja.

Di Pulau Kumala sudah ada aneka wahana permainan wisata seru, kereta gantung, rumah adat Dayak dan bahkan ada hotel juga loh.

Semua fasilitasnya terbilang murah, lumayan komplit dan megah. Menarik bukan? Lah, pasti kamu bertanya-tanya, terus di mana letak horrornya nih? Masih ingat khan, sebelum pembangunannya dimulai di tahun 2000, tempat ini adalah pulau kosong.

Karena pulau ini terlalu lama tak terjamah manusia, maka tempat ini kabarnya sudah terlanjur jadi sarangnya makhluk halus. Iya, jadi, pulau ini sering menyajikan bonus ekstra wisata horror bagi para pengunjungnya.

Tak sedikit loh yang mengaku diganggu oleh penampakan makhluk gaib seperti genderuwo yang serem, atau sosok  wanita cantik yang pucat, dan tiba-tiba hilang kalau didekati.

Hmm, hal ini sudah biasa di sini. Buat kamu yang tertarik dengan nuansa wisata alam yang dipadu dengan nuansa horror, datang ke Pulau Kumala Kalimantan Timur yuk.

2. Alas Purwo, Banyuwangi

Alas Purwo yang terletak di Banyuwangi ini namanya diambil dari bahasa Jawa yang berarti hutan rimba. Ya, memang seperti itu lah penampakan dari alas purwo yang juga dikenal dengan sebutan Taman Nasional Alas Purwo ini.

Alas Purwo berada pada jalur yang menghubungkan antara Banyuwangi dan Situbondo. Tempat yang terletak di Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi. Alas Purwo yang dikatakan masih suci alias belum terjamah tangan jahil manusia ini pun adalah rumah bagi aneka satwa eksotis loh.

Di Alas Purwo, terdapat aneka babi hutan, banteng, burung merak, aneka jenis burung lain dan juga kera. Ada juga kurang lebih 548 jenis tanaman yang tumbuh bebas di sini.

Keseruan wisata di Alas Purwo ini pun semakin lengkap dengan adanya Pantai Plengkung dan Pantai Grajagan yang kabarnya adalah spot surfing terbaik.

Hmm dengan aneka daya tarik wisata seperti ini, siapa sangka kalau Alas Purwo ini mempunyai spot yang dikenal amat sangat angker. Alas Purwo dipercaya sebagai pintu gerbang menuju istana jin loh.

Yap bahkan, tempat ini diyakini sebagai pusat di mana semua jin di tanah Jawa berkumpul. Nah loh. Sudah banyak pula yang menebarkan cerita pengalamannya bersama dengan aneka penampakan makhluk misterius di area Alas Purwo. Berani coba?

3. Pantai Selatan Pulau Jawa

Pantai Selatan Pulau Jawa memang terkenal punya pemandangan yang elok. Anginnya yang sepoi dan ombak bergulung di lautan tampak begitu menggoda.

Pemandangan yang disajikan pun punya nuansa khas yang terbagi di puluhan pantai yang masuk kelompok Pantai Selatan.

Tapi berhati-hatilah kalau kamu menikmati indahnya wisata alam pantai di sini ya. Ombak di pantai selatan terkenal sangat ganas loh. Bahkan, sudah tak terhitung lagi nyawa wisatawan yang melayang atau hilang di pantai ini.

Ada yang terseret ombak saat berenang, tapi ada juga yang hanya bermain air lalu tersambar oleh ombak yang ganas.

Kabarnya sih, kondisi geografis pantai yang miliki semacam palung dalam inilah yang membuat Pantai Selatan cukup rawan.

Tapi masyarakat sekitar meyakini bahwa aneka tragedy yang terjadi di Pantai Selatan ini bukan sekedar karena palung.

Melainkan, karena adanya penguasa alam gaib Laut Selatan yang dikenal sebagai Ratu Kidul atau Nyai Roro Kidul.

Ratu Roro Kidul yang dikatakan berwajah sangat cantik ini lah yang dikatakan selalu meminta tumbal. Jadi, buat kamu yang mengunjungi Pantai Selatan, kamu harus berhati-hati.

Ow ya, kamu juga tidak boleh mengenakan pakaian berwarna hijau dan merah di sekitaran pantai Selatan.

Pakaian berwarna hijau adalah favorit Sang Ratu, jadi mereka pun akan diajak mengikuti Ratu Roro Kidul di dasar laut. Buat yang berpakaian warna merah, mereka akan ditenggelamkan karena Roro Kidul tidak menyukai warna merah. Mereka pun akan dibawa jauh ke dalam istananya. Hmm, yang ini sih serem plus bahaya ya

4. Goa Jepang, Bandung

Goa Jepang Bandung yang dibangun tahun 1942 di penjajahan Jepang ini dulunya digunakan sebagai gudang senjata dan logistik. Kini, Goa ini bersama dengan Goa Belanda yang terletak di dekatnya berada di area Taman Hutan Raya (Tahura) Juanda. Tahura Juanda berjarak sekitar 3 km dari Terminal Dago Bandung.

Nah, keberadaan Goa Jepang ini baru ditemukan sekitar tahun 1965 loh. Goa ini telah terselubuhng oleh semak belukar dan pepohonan. Menariknya, aneka senjata masih tersimpan baik di dalam goa.

Tempat ini kemudian sering dijadikan tujuan wisata sejarah bagi masyarakat sekitar. Tapi, kabarnya, goa ini memiliki nuansa mistis yang kental. Pasalnya, pembangunan Goa Jepang konon menelan korban yang cukup banyak.

Selain itu, tempat ini pun sering dijadikan sebagai tempat penyiksaan bagi kaum pribumi. Hmm, karena sejarah inilah, penampakan sosok atau suara jeritan tak jelas sering menghiasi Goa Jepang ini. Cukup mengerikan deh kalau kamu beruntung menikmatinya.

5. Lawang Sewu Semarang

Bangunan kuno yang juga dikenal sebagai ikon wisata Semarang ini dikenal punya gaya arsitektur yang apik. Bangunan yang dibangun pada masa peninggalan Belanda ini pun masih terbilang terawat dengan baik. Jadi, pesona kemegahan jaman dulu pun masih terasa di Lawang Sewu.

Lawang Sewu ini telah ada sejak tahun 1904 ini loh. Disebut Lawang Sewu karena bangunan ini memang punya banyak lubang pintu. Bayangkan saja, ada 429 buah pintu dengan daun pintu yang jumlahnya lebih dari 1.200. Tak sampai 1000 (Sewu) memang, tapi banyak juga khan?

Eh, tapi ada yang bilang juga kalau pintu di Lawang Sewu ini jumlahnya tak pasti. Karena setiap kali dihitung, akan menghasilkan jumlah hitungan yang berbeda. Tahu kenapa? Ya, kabarnya karena tempat ini masih menyimpan nuansa mistis yang kental.

Selain pernah tak dihuni dalam waktu lama, bangunan Lawang Sewu ini juga memiliki penjara bawah tanah loh. Penjara ini nih yang pernah digunakan sebagai tempat eksekusi mati yang dilakukan oleh para serdadu Belanda. Mayat-mayat pun sering dibuang begitu saja ke sungai kecil yang ada di samping bangunan ini.

Jadi, jangan heran kalau tempat ini sering menawarkan nuansa mistis dan penampakan. Terutama, di area penjara bawah tanahnya. Bahkan, di lorong-lorongnya saja, kamu sudah bisa merasakan nuansa yang begitu mistis.