Jadi Bunda Literasi, Istri Wabup Ajarkan Dongeng

by -27 views

METROPOLITAN – Bunda Literasi Kabupaten Bogor, Hj Halimatu Sadiah mengha­diri penutupan kegiatan pe­latihan teknik mendongeng dan pendampingan Anak dalam kemah dongeng yang diadakan Kampung Dongeng Indonesia, kemarin.

Ia mengatakan, kiprah kam­pung dongeng di Bumi Tegar Beriman tidak hanya sampai kegiatan ini selesai, tetapi terus dilanjutkan bekerja sama dengan Dinas Arsip dan Perpusatakaan Daerah Kabu­paten Bogor dan Bunda Lite­rasi untuk mewujudkan Karsa Bogor Cerdas yang menjadi salah satu dari pro­gram pancakarsa Kabupaten Bogor.

Ia juga mengatakan saat ini budaya mendongeng di Bumi Tegar Beriman mulai memudar hal ini karena ka­lah bersaing dengan gadget, anak anak lebih suka bermain gadget dengan games dan lainnya.

”Oleh karena itu, mari kita bangkitkan kembali mendongeng melalui kam­pung dongeng karena mela­lui dongeng kita bisa mey­alurkan sugesti kepada anak dengan cara yang menye­nangkan dan mengandung pesan-pesan moral yang bisa diterapkan dalam ke­hidupan sehari hari,” katanya.

Selain itu, dengan dongeng hubungan orang tua dan anak semakin dekat dan anak anak akan tumbuh kembang men­jadi anak anak yang berkeri­badian baik. Ke depan, istri Wakil Bupati (wabup) Bogor, Iwan Setiawan ini mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bogor akan memberikan pelatihan dongeng untuk guru guru sekolah dasar, guru PAUD, ibu ibu penggerak PKK dan kader Posyandu, relawan relawan kampung dongeng pun dapat berkeliling ke sekolah sekolah, desa, posyandu dan tempat tempat kegiatan pelibatan masyarakat lainnya untuk mendongeng. (*/els/py)

Loading...