Kasian! Tiga Desa di Cisarua Masih Alami Kekeringan

by -

METROPOLITAN – Kabar menyedihkan datang dari wilayah Cisarua, Kabupaten Bogor. Tiga desa yang ada di wilayah selatan Bumi Tegar Beriman tersebut masih mengalami kekeringan. Diantaranya, Desa Naringgul, Tugu Selatan dan Tugu Utara.

“Iya, ada beberapa titik wilayah yang mengalami kekeringan air. Kita akan upayakan untuk bekerjasama dengan PDAM Cisarua agar menyuplai air bersih setiap seminggu tiga kali kepada warga yang kekurangan air di desanya,” kata Camat Cisarua, Bayu.

Sementara itu, warga Desa Tugu Selatan tiga bulan terakhir mengalami kesulitan air. Sebagian besar sumur yang kerap dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sudah tak memadai. Hal itu pun dibenarkan warga Tugu Selatan, Gunung Mas, Yanah (39).

“Ketika turun hujan maka air akan segera ditampung, tetapi bila tidak ada persediaan air bisa didapatkan dari mesjid terdekat,” katanya.

“Karena sebagian di Desa Tugu Selatan ini menggunakan sumur maka hanya itu saja yang surut airnya. Tetapi bila yang menggunakan air PDAM itu masih normal,” sambung dia seraya berharap ada perhatian dari pemerintah untuk memeperhatikan warganya yang mengalami kekeringan.

Kondisi serupa juga terjadi di Desa Naringgul. Warga sekitar, Nuraeni (28), mengungkapkan semua warga di desa kesulitan air, karena persediaaan hanya dari sumur saja dan sudah beberapa hari terakhir tidak turun hujan.

“Tidak ada tempat lain bila warga mengambil air hanya disatu tempat, Mushola. Karena air ini sudah menjadi kebutuhan, setiap paginya warga berbondong-bondong antre mengambil persediaan air, karena di Mushola ada tempat penampungannya sendiri,” katanya.(rb/rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *