Kekeringan tak Ganggu Cadangan Pangan

by -

METROPOLITAN – Keke­ringan yang melanda sejum­lah wilayah ternyata tak me­mengaruhi cadangan pangan di Kabupaten Bogor. Meski begitu, hingga kini Pemerin­tah Kabupaten (Pemkab) Bogor belum bisa merealisa­sikan Surat Keputusan (SK) Kementerian Pertanian soal cadangan pangan sebanyak 1.000 ton setiap tahunnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bogor Soetrisno mengatakan, saat ini Bumi Tegar Beriman masih sulit merealisasikan hal tersebut. Namun, ia menjamin cadangan pangan yang ada cukup untuk setahun. “Dengan cadangan beras lokal seba­nyak 568,9 ton, menurut saya, kita masih aman ya. Walaupun belum sesuai amanat SK,” ucapnya.

Soetrisno menyebut keter­sediaan pangan di Kabupaten Bogor berada di angka sekitar 60 persen. Berada dalam kon­disi aman karena mendapat­kan suplai dari luar daerah, seperti Cianjur dan Karawang, sekitar 40 persen. ”Bahkan ternyata pangan 60 persen yang kita miliki itu tidak di­nikmati sendiri. Kita juga bisa menyuplai ke daerah luar, seperti Kota Bogor, Ja­karta, Bekasi, sekitar 20 persen,” jelasnya.

Tak hanya itu, untuk men­jaga kecukupan pangan, Pe­merintah Kabupaten (Pemkab) Bogor juga mewajibkan tiap kecamatan mengalokasikan dana yang digunakan sebagai pemanfaatan lahan sebagai sumber pangan. ”Imbauan ini diatur dalam perda yang juga harus ditularkan kepada desa-desanya. Apalagi di desa itu ada anggaran dana desa yang harus menguatkan lahan pekarangan,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala Dinas Ta­naman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Distanhor­bun) Kabupaten Bogor, Siti Nurianty, menjelaskan untuk tetap menjaga ketersediaan cadangan pangan lokal kini Perda Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) sudah ditetapkan. Karena itu, dengan luas lahan yang tersisa sekitar 46 ribu hektare, maka tidak akan bisa dialihfungsikan. “Hanya 38 ribuan hektare saja yang berupa sawah pro­duktif. Sisanya sekitar 8.000 ribuan hektare berupa per­kebunan dan lahan untuk tanaman palawija,” katanya.

Ia membenarkan bahwa alih fungsi lahan di kawasan LP2B itu haram karena di perda tercantum ada ancaman pi­dananya. (cr2/ads/c/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *