Keliling Kampung Arak Dongdang

by -23 views
ARAK: Warga Desa Purwabakti mengarak dongdang sepanjang dua kilometer keliling kampung.

METROPOLITAN – Sambut Tahun Baru Islam 1441 Hijriah, ribuan warga Desa Purwabakti Kecamatan Pamijahan, mengarak dongdang sepanjang dua kilometer keliling kampung. Setelah diarak, dongdang langsung diserbu warga jadi rebutan.

Warga sekitar, Santoso (40) mengaku, acara helaran yang diadakan Pemerintah Desa (Pemdes) Purwabakti ini, bertujuan melestarikan tradisi budaya Sunda serta menyambut datangnya Tahun Baru Islam. “Acara ini selalu rutin setiap tahunnya, pengarakan dongdang salah satu seni budaya Sunda. Selain itu bentuk syukur pada Allah atas hasil panen yang berlimpah,” kata Santoso kepada Metropolitan, kemarin.

Kepala Desa Purwabakti, Tajudin Arifin mengatakan, acara pengarakan dongdang sudah menjadi acara tahunan yang rutin dilangsungkan setiap awal Muharam. Setiap RW harus membawa hasil buminya. Selain melestarikan adat dan budaya, acara ini bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi seluruh lapisan masyarakat yang ada di Desa Purwabakti. “Acara d gelar selama dua hari in. Ada berbagai macam kegiatan, salah satunya perlombaan adu bedug, MTQ dan tabligh akbar,”tutur Tajudin.

Tajudin berharap, acara yang sudah menjadi tradisi tahunan ini, diharapkan bisa dilestarikan untuk generasi penerus agar tidak hilang dengan seiringnya jaman. “Semoga acara ini terus dilestarikan, karena ini budaya Sunda sebagai mana para leluhur yang sudah mewariskan,” kata Tajudin. (mul/b/els)