Kepastian Jumlah Mandek di Kementerian

by -97 views

METROPOLITAN – Informasi penerimaan CPNS untuk 2019 kabarnya akan diumumkan sekitar akhir September atau awal Oktober 2019, melalui situs Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) dan instansi. Namun hingga saat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor belum menerima surat tertulis dari pemerintah pusat, soal waktu pelaksanaan dan jatah yang diterima untuk Kota Hujan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mengatakan, sempat mendapatkan informasi non-formal soal pelaksanaan CPNS dalam waktu dekat. Tetapi ia belum bisa memastikan hal itu lantaran belum ada surat tertulis dari kementrian soal pelaksanaan penerimaan CPNS. Termasuk untuk di lingkungan Pemkot Bogor.

“Katanya sih Oktober nanti. Tapi kita belum dapat surat resmi apa-apa terkait hal itu, untuk Kota Bogor. Setahu saya ada hasil rapat internal lah disana, akan dilaksanakan (penerimaan cpns) dalan waktu dekat,” katanya kepada Metropolitan, akhir pekan lalu.

Ia sendiri tidak mau ambil pusing terkait kabar yang beredar soal waktu pembukaan pelaksanaan penerimaan CPNS 2019. Yang pasti, kata Ade Sarip, pihaknya hanya akan melaksanakan perintah atau regulasi dari pemerintah pusat, yang turun dalam bentuk tertulis dan bukan cerita-cerita. “Intinya belum dapat surat untuk kepastian itu. Termasuk berapa jumlah alokasi yang diberikan kementrian untuk Kota Bogor,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Formasi, Data dan Penataausahaan Pegawai pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Aparatur (BKPSDA) Kota Bogor Aries Hendardi menuturkan, jumlah pegawai baru yang diusulkan Pemkot Bogor kepada KemenpanRB untuk formasi tahun 2019 yakni 296 formasi.

Rinciannya, jumlah untuk CPNS 89 formasi dan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 217 formasi. “Tapi yang nanti di-acc kan kewenangan MenpanRB, masih panjang lah. Biasanya nanti ada rakor (rapat koordinasi, red) internal KemenpanRB dan pembagian kuotanya setelah mereka menetapkan,” ungkapnya.

Sampai saat ini, kata dia, belum ada kepastian informasi dari KemenpanRB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) soal jumlah yang akan dialokasikan untuk Kota Bogor. Berkaca dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan penerimaan biasanya dilakukan akhir tahun.

“Kita usulkan segitu, belum tahu berubah atau tidak. Pas pembukaan baru ketahuan formasinya,” imbuh Aries.

Hingga saat ini, jumlah PNS yang bekerja dilingkungan Pemkot Bogor berjumlah 7.151 orang. Beberapa sektor memang diketahui membutuhkan banyak tenaga, diantaranya tenaga kependidikan, tenaga medis dan tenaga lainnya, yang masuk dalam usulan ke kementrian. Sedangkan untuk PNS yang pensiun pada 2019 ini berjumlah 268 orang.

Ia menjelaskan, sesuai perhitungan Analisis Beban Kerja (ABK) pada formasi, jumlah yang dibutuhkan ada 12.572 pegawai. Yang saat ini terisi oleh PNS dan CPNS sebanyak 7.202.

“Sedangkan jumlah sampai hari ini 7.151. Kalau kebutuhan pada 2019, itu sebanyak 5.638 pegawai. Dihitung dari ABK dikurangi pegawai yang ada, ditambah pegawai pensiun di 2019. Jumlah penerimaan juga sesuai amanat menpanRB, soal zero growth, yang masuk sebanding dengan pensiunan,” pungkasnya. (ryn/c/yok/py)

Loading...