Kominfo Gembleng Terus KIM JJS dan Cibers

by -

SUKABUMI – Pentolan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Cijengkol Bersatu (Cibers) Fery Sanjaya dan Ketua KIM Jelajah Sejarah Soekaboemi (JSS) Dida Hudaya menunjukkan kebanggaannya setelah kiprahnya selama ini dalam mengelola KIM meraih Sukabumi Award 2019.

KIM Cibers dikenal dengan kiprahnya di bidang teknologi digital dan telah berhasil merancang aplikasi layanan masyarakat ‘Smart Cijengkol’ yang mudah diakses, serta mendukung percepatan layanan kebutuhan publik. Kini aplikasi tersebut sudah dihibahkan KIM Cibers kepada Pemerintah Desa (Pemdes) Cijengkol, Kecamatan Caringin.

Demikian juga dengan JSS, KIM yang aktif dalam bidang sejarah Sukabumi telah berjuang lama menggeluti bidang edukasi sejarah. Hasilnya cukup mendukung upaya penguatan literasi masyarakat terhadap sejarah, khususnya catatan sejarah yang ada di Kabupaten Sukabumi.

KIM Cibers dan KIM JSS merupakan dua dari sekian banyak KIM yang dibina melalui pendampingan yang dilakukan Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Sukabumi.

Di tempat yang sama, Kabid IKP Herdy Somantri menyampaikan kebanggaannya. Menurutnya, keberhasilan KIM JSS dan Cibers pada dasarnya karena kompetensi dan sepak terjang para anggotanya yang tak kenal lelah dan siap menghadapi tantangan.

“Kami hanya melakukan pendampingan dan membangun komunikasi, sekaligus mengajak membangun masyarakat informasi yang cerdas serta bermanfaat untuk literasi maupun pemberdayaan,” katanya.

Bima, sapaan akrab Herdy, juga menyampaikan meskipun KIM Cibers merupakan pilot project Kominfo Kabupaten Sukabumi, KIM yang lain akan terus dilakukan pembinaan secara bertahap sesuai bidang pemberdayaan masing-masing.

“Selamat kepada KIM Cibers dan KIM JSS, semoga menjadi motivasi bagi semua untuk membangun Kabupaten Sukabumi dengan karya,” ungkapnya. (ade/suf/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *