Korpri Bogor Bangun Masjid di Donggala

by -15 views
SERAHKAN: Korpri Kota Bogor menyerahkan bantuan untuk pembangunan masjid di Donggala, wilayah terdampak gempa bumi Palu tahun lalu.

METROPOLITAN – Berbagai cara ditunjukan setiap pihak untuk membantu korban bencana gempa yang terjadi di Kota Palu, Sulawesi Tengah pada tahun lalu. Seperti yang dilakukan sejumlah pengurus KORPRI Kota Bogor. Mereka membangunkan sebuah masjid yang berlokasi di Desa Lero, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Pembangunan masjid tersebut dilaksanakan bekerjasama dengan Yayasan Amal Saleh, Sekolah Alam Bogor, Sekolah Islam Ibnu Hajar, Jaringan Sekolah Alam Nusantara (JSAN) dan Salam Aid. “Proses pembanguan dari pengumuplan dana, perencanaan hingga pelaksanaan sudah dimulai tidak lama sejak peristiwa gempa palu terjadi,” kata Ketua Salam Aid, Husnan.

Bantuan dalam bentuk pembangunan masjid ini sesuai dengan permintaan masyarakat setempat yang kehilangan masjid yang sekaligus difungsikan untuk kegiatan belajar anak-anak. Beberapa saat setelah terjadi gempa, tim Salam Aid datang menyalurkan bantuan dan pada saat itulah ada permintaan warga agar masjid mereka yang hancur dibantu dibangun kembali.

Setelah berproses selama hampir satu tahun lamanya, maka pada Jumat 6 September 2019 lalu masjid dimaksud selesai dibangun dan diresmikan pemakaiannya. Peresmian masjid yang diberi nama Hidayatus Syarif ini dihadiri H. Ade Sarip Hidayat selaku Ketua Korpri Kota Bogor, Lendo Novo dan Husna dari Salam Aid, serta Camat Sindue, Kepala Desa Lero, Babinmas Desa.Lero dan para tokoh masyarakat setempat beserta warga masyarakat Desa Lero yang berjumlah sekitar 100 KK.

Pada kesempatan itu, Pangerang Daeng Bone selaku Camat Sindue merasa bersyukur dengan keberadaan masjid tersebut. Menurutnya masjid yang berkapasitas sekitar 200 jamaah ini akan digunakan sekaligus sebagai tempat anak-anak belajar agama, “Masjid ini menjadi masjid yang paling bagus di wilayah ini, karena bangunannya sudah dalam bentuk bangunan permanen,” katanya.(*/rez)