Lewat Dansa, ILDI Ajak Warga Bugar

by -20 views

METROPOLITAN – Para pegiat dansa yang tergabung dalam Ikatan Langkah Dansa Indonesia (ILDI) Kota Bogor mengajak warga tetap bugar melalui pelatihan dansa di salah satu mal ternama Kota Hujan, kemarin. “Dansa itu bukan sekadar gerakan me­nari, tapi ada unsur olahra­ganya. Sebab, dalam setiap gerakan dansa, unsur olah tubuhnya sangat terasa,” terang Ketua ILDI Kota Bogor, Riny Kusumawati.

Pejabat yang bertugas di ling­kungan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Peng­embangan dan Penelitian (Bap­pedalitbang) Kabupaten Bogor itu menuturkan, pelatihan dansa kepada warga merupa­kan bagian dari upaya ILDI memasyarakatkan dansa se­bagai olahraga menyenangkan yang bisa menyehatkan dan menjadikan tubuh bugar setiap hari.

“Pelatihan bagaimana ber­dansa dengan baik kami gelar setiap pekan dari mal ke mal. Acara tersebut mendapatkan respons positif, karena peser­tanya selalu meningkat,” ujar­nya. Saat ini, sambung Riny, olahraga dansa penggemarnya kaum hawa. Mereka tertarik belajar dansa, karena gerakan­nya berbeda-beda yang dise­suaikan alunan musik. “Pe­latihan kemarin saja peserta­nya sangat banyak. Ada seki­tar 55 orang, mulai dari ibu rumah tangga, instruktur senam, pekerja wanita sampai mahasiswi,” bebernya.

Peserta yang lolos dan mendapat predikat terbaik dari ranking satu sampai lima, kata Riny, langsung dinobat­kan sebagai Duta Dansa dengan tugas melatih warga, khususnya kaum perempuan di semua lokasi Kota Bogor. “Ini cara kami (ILDI, red) le­bih memasyarakatkan olah­raga dansa ke semua elemen masyarakat. Apalagi, dansa kan bukan olahraga mahal. Cukup bermodalkan pakaian olahraga dan sepatu serta musik, dansa bisa dilaksana­kan,” pungkasnya.(rez/py)

Loading...