Lima Hektare Lahan di Cikahuripan Terbakar

by -24 views

KLAPANUNGGAL – Kebakaran lahan kembali terjadi di Kabupaten Bogor, kemarin. Kali ini di Kampung Pangkalan, RT 04/02, Desa Cikahuripan, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor. Lima hektare lahan hutan dan alang-alang terbakar. Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 11:12 WIB. Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui dari mana sumber api berasal.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkar) Kabupaten Bogor, Makmur, menuturkan, pihaknya mendapat laporan dari warga yang melihat api melahap lahan hutan dan alang-alang. “Mendapat laporan itu dua unit damkar dari Regu 3 Sektor Cileungsi langsung menuju lokasi kejadian dan api bisa dipadamkan pukul 15:30 WIB,” ujar Makmur.

Menurut Makmur, kebakaran lahan ini bisa disebabkan beberapa hal. Pertama pembakaran sampah yang merembet ke alang-alang. Puntung rokok yang masih menyala dan dibuang ke tempat sampah. “Hubungan arus pendek listrik juga bisa menjadi penyebab kebakaran lahan,” katanya.

Makmur mengimbau masyarakat tidak membuang puntung rokok yang masih menyala ke tempat pembuangan sampah yang kering. Makmur juga mengingatkan kepada warga agar tidak membuka lahan dengan membakar hutan atau ilalang. “Gunakan peralatan listrik standar SNI. Matikan gas setelah selesai digunakan. Apabila terjadi kebakaran segera lapor kepada petugas pemadam kebakaran terdekat,” pungkasnya. (dkw/rb/els/py)