Marquez Akhiri Puasa Kemenangan

by -16 views

METROPOLITAN – Rider Repsol Honda, Marc Marquez, mematahkan dominasi Yamaha untuk berjaya di MotoGP San Marino 2019 di Sirkuit Misano, Minggu (15/9).

Capaian itu terasa manis karena didapat di markas rival Valentino Rossi. Marquez, yang terlibat insiden dengan Rossi pada kualifikasi, membukukan waktu 4 2 menit 25,163 detik untuk memenangkan MotoGP San Marino 2019. Ini adalah gelar pertamanya dalam tiga balapan, setelah gagal memenangkan MotoGP Austria dan MotoGP Inggris.

Fabio Quartararo (Petronas Yamaha) menempati posisi dua, tertinggal 0,903 detik di belakang Marquez. Sedangkan Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) melengkapi podium dengan defisit 1,636 detik.

Rossi (Monster Energy Yamaha) akhirnya menyelesaikan balapan di urutan empat setelah memulai balapan di posisi tujuh. Sementara Franco Morbidelli (Petronas Yamaha) melengkapi daftar lima besar MotoGP San Marino 2019.

Sebagai pemegang pole, Vinales mempertahankan posisi teratas di putaran pertama. Sementara Marquez naik dua tingkat ke urutan tiga. Namun, Vinales tidak lama mempertahankan posisi. Quartararo dan Marquez kemudian menyalipnya. Quartararo kemudian menghabiskan mayoritas balapan di urutan terdepan dengan Marquez membuntuti.

Di belakang, Rossi naik dua tingkat dan bersaing melawan Morbidelli untuk memperebutkan posisi empat. Marquez akhirnya beraksi di putaran terakhir. Ia melewati Quartararo pada trek lurus dan memimpin untuk kali pertama.

Meski Quartararo sempat menyalip, sosok berusia 26 tahun tersebut memenangkan balapan ketujuh di musim ini. Sementara itu, pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, menyalip Maverick Vinales pada lap ketiga.

Satu lap kemudian, giliran Marc Marquez yang mendahului rider Yamaha itu. Sejak itu, balapan MotoGP San Marino menyajikan adu cepat dua kuda: Quartararo-Marquez. Marquez menjadi pemenang dengan catatan waktu 42 menit 25,163 detik. Quartararo menyusul kemudian usai menyentuh garis finis 0,903 detik lebih lambat.

Melengkapi posisi podium ada Maverick Vinales dengan catatan waktu 1,636 detik lebih lambat dari Baby Alien. Berturut-turut ada di posisi lima besar ada Valentino Rossi dan Franco Morbidelli. Dengan kemenangan ini, Marquez buka puasa kemenangan dalam dua balapan. Sebelumnya, dia finis kedua di MotoGP Austria dan MotoGP Inggris. (sp/mam/run)