Milenial Jabar Digenjot Lahirkan Startup

by -

METROPOLITAN – Pemerintah tengah merangsang generasi milenial Jawa Barat (Jabar) untuk mengembangkan startup. Pengembangan perusahaan rintisan ini diharapkan dapat membantu Industri Kecil dan Menengah (IKM).

Kasubdit IKM Elektronika dan Telematika Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Agus Tavip, mengatakan,  saat ini ada 99 permasalahan di industri kecil. Permasalahan tersebut melingkupi terkait pengadaan teknologi.

“Masalah bagaimana memproduksinya, bagaimana skala dan sebagainya perlu kita bantu. Apa yang perlu dibantu, pertama meringankan beban teknologi karena kita masuk era 4.0 nah kita pelan-pelan ke sana makanya kita ajak startup,” ujar Agus saat sosialisasi startup 4 IKM di Jalan Ir H Juanda, Kota Bandung.

Agus menyatakan kemunculan startup akan dikolaborasikan dengan IKM. IKM bisa memanfaatkan startup atau teknologi untuk proses produksi.

“Startup punya apa yuk kita kawinkan dengan industri kecil. Apa masalahnya kita gabungkan dengan startup. Kita masukan di situ Setelah nyambung oh butuh ini itu Untuk apa, itu meringankan mengefisienkan industri supaya keuntungan lebih banyak tapi dia efisien dari sisi harga. Jadi startup ada pasarnya, kemudian IKM juga dibantu,” tuturnya.

Pihaknya pun mendorong agar pemerintah daerah ikut membantu memfasilitasi para penggagas startup. Adapun tujuan akhirnya untuk meningkatkan kualitas ekonomi. “Kita berharap teman-teman daerah ikut mendorong startup sehingga muncul startup mendorong ekonomi keseluruhan karena ekonomi ini terus bergerak. Siapa yang menguasai ekonomi digital, itu pemenangnya,” kata Agus. (de/suf/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *