One Day Service, Pelayanan Perizinan Sehari Beres

by -182 views
MAKSIMALKAN PELAYANAN: DPMPTSP Kabupaten Bogor terus memaksimalkan pelayanan salah satunya lewat program One Day Service atau pelayanan perizinan sehari beres

METROPOLITAN – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bogor sedang gencar mengampanyekan program ’One Day Service’.

Program ini memberikan pelayanan perizinan yang cepat karena dapat selesai dalam waktu satu hari. Kepala Bidang Pelayanan Perizinan Operasional Adhi Nugraha mengatakan, program ’One Day Service’ sebetulnya sudah diterapkan sejak 2010.

Bedanya, saat ini program tersebut sudah didukung Online System Service (OSS) atau sistem pelayanan online. Program ini berlaku setiap Rabu di minggu kedua, tiga dan empat untuk enam perizinan.

Menurut Adhi, mengurus perizinan di saat ’One Day Service’ hanya memakan waktu tiga jam. Meski demikian, DPMPTSP terus berupaya semakin mempercepat waktu perizinan sehingga bisa kurang dari tiga jam.

“Program ini untuk izin yang tidak memerlukan survei sehingga bisa dipercepat. Kami memang terus mencoba memberikan kemudahan dalam hal perizinan agar masyarakat mau mengurus izinnya sendiri,” kata Adhi.

Adhi menjelaskan, Kabupaten Bogor menjadi kabupaten yang bisa menyelenggarakan semua perizinan dengan sistem online. Langkah ini sejalan dengan program Presiden Joko Widodo yang ingin pengurusan perizinan dipermudah agar investasi semakin banyak yang masuk.

“Program OSS dan ’One Day Service’ juga menjadi salah satu senjata bagi pemerintah untuk menghapuskan sistem pencaloan dan penipuan yang selama ini sudah mendarah daging di sistem perizinan di Indonesia,” pungkasnya. (cr2/b/fin/run)

Loading...