Parking Gate GOR Pajajaran kian Usang

by -18 views

METROPOLITAN – Setelah dipasang dibiarkan begitu saja. Satu kalimat itu dirasa cocok untuk menggambarkan kondisi Parking Gate (Palang Pintu Otomatis,red) di Komplek Gor Padjajaran Kota Bogor. Dua buah palang pintu otomatis yang terpasang sejak akhir 2018 silam tersebut, kondisinya kian usang rusak tak terawat.

Jika melihat beberapa waktu kebelakang, sejak bergulirnya wacana tersebut pada 2018 silam, memang kebijakan ini sempat mendapatkan penolakan keras dari paguyuban warga sekitar. Terlebih, mereka yang berprofesi sebagai juru parkir di kawasan Komplek Gor Padjajaran, yang konon sudah ada jauh sebelum Parking Gate tersebut.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Eko Prabowo membenarkan adanya kejadian tersebut. Bahkan, pria yang akrab disapa Danjen ini, juga ikut terlibat dalam mencarikan solusi atas permasalahan antara juru parkir dengan pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Hujan sebagai pemilik program.

“Soal portal parkir yang ada di Dispora, kita semua ingin teman-teman di Dishub menjemput bola. Dengan cara mensosialisasikannya terlebih dahulu terkait kebijakan portal parkir ini. Agar tidak ada pertentangan dan perdebatan seperti yang sudah-sudah,” beber Danjen.

Danjen berusul, lantaran adanya Peraturan Daerah tentang Retribusi Parkir, alangkah lebih eloknya jika kebijakan Parking Gate diserahkan kepada pihak ketiga maupun swasta. Hal tersebut dinilai akan memberikan dampak positif, terhadap kerapihan dan ketertiban administrasi Gor Padjajaran.

“Kalau semua yang mengelola Dishub, tentu akan sedikit kesulitan untuk penggajian karyawannya. Kalau pendapatan besar pengeluaran kecil nggak jadi masalah, tapi yang jadi masalah kalau pendapatan yang kecil pengeluarannya besar. Jadi alangkah lebih baiknyanya program ini dipihak ketigakan,” usulnya.

Agar tidak terjadi keributan dan perdebatan seperti dahulu, tambahnya, pihak Dishub juga mesti melibatkan sejumlah elemen masyarakat sekitar, dalam pengelolaan Parking Gate. Terlebih mereka yang memang sudah berprofesi sebagai juru parkir di Komplek Gor Padjajaran sedari dulu.

“Nantikan pihak ketiga juga bisa merangkul 10 orang pengurus parkir yang ada di GOR Pajajaran. Diberikan pelatihan, diberikan pemahaman, saya yakin semua akan berjalan dengan baik kalau mekanismenya seperti itu,” yakinnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Perparkiran pada Dishub Kota Bogor Suratman, seperti tak ingin berkomentar banyak tentang permasalahan ini. Bahkan Suratman tidak berkomentar sedikitpun saat dimintai keterangan. Hingga berita ini diturunkan, Suratman masih enggan beri penjelasan. (ogi/b/mam)