Pembuktian Coutinho

by -31 views

METROPOLITAN – Meski telah berlabuh di Bayern Munchen, rupanya Philippe Coutinho masih bisa membantu Liverpool dengan membuktikan kualitasnya sebagai pemain yang tepat untuk Munchen. Ia hanya perlu menjadi suksesor jangka panjang, Thomas Muller.

Masa depan Coutinho merupakan salah satu topik panas pada bursa transfer kali ini. Dinilai tak punya tempat di Barcelona, Coutinho akhirnya mendarat di Bayern dalam skema peminjaman semusim.

Sebelum memilih Bayern, Coutinho sempat dikaitkan dengan potensi kembali ke Liverpool. Juga ada Arsenal dan Tottenham yang memi­nati gelandang Brasil itu. Kini, The Athletic mengklaim bahwa Coutinho bisa saja diperma­nenkan Bayern tahun depan jika Coutinho benar dibeli secara permanen, Bayern di­sebut bakal mengakhiri minat mereka untuk gelandang Bayer Leverkusen, Kai Havertz. The Athletic mengklaim si­tuasi ini akan menguntungkan Liverpool.

Havertz, gelandang dengan talenta luar biasa itu kabarnya merupakan salah satu target Liverpool tahun depan. Sebe­narnya Bayern sangat meng­inginkan Havertz musim ini, tapi situasinya berubah sejak pembelian Coutinho. Artinya, sejak transfer Coutinho ke Bayern, Liverpool jadi lebih bebas mendekati Havertz. Musim panas ini Jurgen Klopp berhemat, tapi musim depan Liverpool mungkin bergerak lagi di bursa transfer.

Sebelumnya, klub kaya raya Premier League, Manchester City, dikabarkan sempat dita­wari Barcelona untuk memin­jam Philippe Coutinho. Namun Manajer Josep Guardiola me­nolak tawaran tersebut.

Coutinho memang menjadi salah satu komoditas panas sepanjang jendela transfer musim panas kemarin. Pemain 27 tahun itu ingin mencari klub baru guna mengembalikan performa terbaiknya. Di sisi lain, Barcelona juga ingin me­lepas Coutinho. Karena itu, klub Catalan tersebut sempat menawarkan gelandang in­ternasional Brasil tersebut kepada beberapa klub.

Klub yang mendapat tawaran dari Barca untuk merekrut Coutinho adalah Manchester City. Kebetulan, hubungan Barca dan City memang cukup dekat berkat keberadaan Tx­iki Begiristain. Namun City memutuskan tak menerima tawaran tersebut. Penyebabnya adalah adanya penolakan dari Guardiola. Sosok berke­pala botak itu diklaim tak ter­tarik menggaet Coutinho.

Sosok gelandang serang milik Guardiola memang cukup melimpah dengan adanya pemain seperti Kevin De Bruyne, David Silva, hingga Bernardo Silva. Coutinho akhir­nya menemukan klub baru setelah Bayern Munchen se­pakat meminjamnya dari Bar­celona selama semusim diser­tai opsi pembelian permanen.

Kepindahan tersebut sekaligus mengakhiri masa kurang me­nyenangkan Coutinho di Bar­celona, hanya satu setengah tahun setelah ia direkrut dari Liverpool dengan biaya men­capai kurang lebih 160 juta euro. (bol/mam/run)