Pemdes Tegalwaru Gelar Ruwatan

by -13 views
LOMBA TUMPENG : Kepala Desa Tegalwaru bersama Anggota Dewan menilai lombang tumpeng di peringatan tahun baru Islam, kemarin.

CIAMPEA – Peringati tahun baru Islam, Pemerintah Desa (Pemdes) Tegalwaru, Kecamatan Ciampea menggelar lomba tumpeng, pagelaran wayang golek dan ruwatan Desa, baru baru ini.

Antusias warga masyarakat mulai dari anak muda hingga orang tua berbondong-bondong membanjiri balai Desa guna menyaksikan lomba tumpeng dan pagelaran wayang Golek dalam rangka Ruwatan Bersih Desa.

“Tradisi Ruwatan Bersih Desa merupakan salah satu tradisi/adat turun-temurun dari nenek moyang dan sekarang kita lestarikan lagi,” ujar Kepala Desa Tegalwaru, Nunung Nuriyah usia menilai lomba tumpeng.

Sebelum kegiatan ruwatan desa dengan mengelar pagelaran wayang golek. Siangnya, di gelar lomba menghias tumpeng tingkat RT. Sebanyak 41 tumpeng di nilai, oleh panitia.

“Ruwatan desa, Lomba Tumpeng merupakan rangkaian peringati Tahun baru islam dengan tujuan agar masyakat Desa Tegalwaru kompak dan Desa Tegalwaru semaki maju dan sejahtera,” bebenya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Bogor M Rizky mengaku, kegiatan ruwatan desa yang digelar Pemdes Tegalwaru merupakan kearifan lokal yang harus di lestarikan.

Ia berharap Desa tidak hanya membanggun Infrastruktur saja, tapi SDM nya harus di banggun, kegiatan kebudayaan di muculkan lagi

“Kedepan, kegiatan ruwatan desa dalam momentum tahun baru Islam yang ada Desa Tegalwaru  bisa menjadi gagasan dan bagu desa lain,” tukasnya. (ads/b/suf)