Pemenang Lelang Jabatan Ditentukan Pekan Ini

by -71 views

METROPOLITAN – Proses lelang jabatan terbuka atau open bidding untuk tiga posisi di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sudah memasuki tahap akhir. Pemkot sendiri menargetkan sudah ada pemenang yang muncul di minggu ini, setelah tiga nama terbaik dari tiap posisi sudah melakukan wawancara khusus dengan wali kota.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mengatakan, tiga nama terbaik dari masing-masing posisi sudah melakukan wawancara akhir dengan wali kota dan wakil wali kota, dengan dirinya mendampingi. “Sebagai ketua panitia seleksi (pansel) tugas saya sudah tuntas setelah muncul tiga nama yang diserahkan ke wali kota, audah wawancara dengan beliau. Mudah-mudahan minggu ini sudah muncul siapa terbaik dari yang baik ini,” katanya kepada awak media, kemarin.

Ia ingin agar minggu ini selesai dan segera disampaikan ke Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) dan pemerintah pusat melalui Kemendagri. Mengajukan pemberitahuan sekaligus persetujuan untuk pelantikan. “Satu tahap akhir,” paparnya.

Ade Sarip menaruh perhatian lebih kepada nama-nama ‘asing’ yang lolos seleksi tiga besar, pada dua posisi yang dianggapnya strategis, yakni kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dan kepala Inspektorat,dimana masing-masing terdapat satu nama PNS non-Pemkot Bogor yang lolos seleksi. “Ada plus minus ya. Pertama, tentu harus paham dengan Kota Bogor. Kita lihat saja hasilnya seperti apa. Potensi internal tentu Bagus, paham sistem, paham Kota Bogor,” ucapnya.

Apalagi menurutnya, tiga posisi yang diperebutkan kursi strategis soal pengawasan, pendapatan dan pelayanan dasar. Maka ia berharap pertimbangannya pun harus matang. Sebab siapapun yang terpilih harus berporos pada tujuan dan mimpi pemkot untuk mencapai Kota Ramah Keluarga. “Tanpa pengawasan yang baik, tanpa penganggaran yang baik, atau tanpa pelayanan kesehatan yang Bagus, ya susah,” imbuhnya.

Pria berkacamata ini melanjutkan, jika nantinya PNS eksternal yang terpilih, suka tidak suka, harus kerja ekstra keras. Sebab harus menambah kompetensi pemahaman Kota Bogor. “Kalau ini mah, kalau terpilih, harus kerja ekstra keras. Tapi yang saya dengar, walapun orang luar, hanya kerjanya saja di luar Kota Bogor, tinggalnya mah di Bogor. Pastinya nggak asing dengan Kota Bogor,” ujar Ade Sarip.

Diketahui, tiga posisi yang diperebutkan yakni Kepala Bapenda, kepala Inspektorat dan Direktur Utama RSUD Kota Bogor. Pertama, untuk posisi kepala Bapen­da ada nama Sekretaris Ba­penda Rd An An Andri Hik­mat yang kini menjabat pelaksana tugas (Plt) ke­pala Bapenda, Camat Bogor Utara Rahmat Hidayat dan Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Depok Deni Hendana.

Untuk posisi kepala Inspek­torat, tiga nama yang lolos yakni Kepala Bagian Admi­nistrasi Kesejahteraan Ra­kyat Setda Kota Bogor Iman, Camat Bogor Utara Pupung Wahyu Purnama dan AK Kabid Tata Usaha pada Per­wakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Pemerintah Provinsi (Pem­prov) Jawa Barat, Doso Su­kendro.

Sedangkan untuk Direktur RSUD Kota Bogor, tiga nama dari lingkungan Pemkot Bo­gor yang lolos dari lubang jarum yakni Fungsional Dok­ter UPTD Puskesmas Me­karwangi dr Ilham Chaidir, Fungsional Dokter RSUD Kota Bogor dr Yeti Haryati dan Fungsional Dokter UP­TD Puskesmas Bogor Utara Oki Kurniawan. (ryn/c/yok)