Pemilihan BPD Cijengkol Gunakan Sistem e-Voting

by -

SUKABUMI – Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, yang dinobatkan sebagai desa digital dan diluncurkan langsung Bupati Sukabumi Marwan Hamami beberapa waktu lalu, kini melakukan inovasi baru dengan melakukan pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) melalui eVoting di aula kantor Desa Cijengkol.

“Pelaksanaan sistem voting ini dilakukan dengan sistem digital, di mana pihak penyelenggara menyediakan satu buah smart phone dalam setiap bilik sebagai peng­ganti surat suara, ” ungkap Ketua Kelompok Informasi Masyarakat Cijengkol Ber­satu, Fery Sanjaya.

Menurut Fery, hasil dari e­Voting bisa langsung didapat setelah hasil penghitungan suara selesai. “Ini bukan quick count tapi ini real count. Ma­syarakat bisa langsung me­nyaksikan siapa yang menda­patkan suara terbanyak tanpa harus menunggu penghitungan surat, ” imbuhnya.

Fery menjamin data dan identitas pemilih dapat dira­hasiakan, artinya tidak dike­tahui pihak lain. Di tempat yang sama, Kepala Seksi In­frastruktur Jaringan pada Dinas Komunikasi Informa­tika Persandian Kabupaten Sukabumi Yusep menjelaskan, Desa Cijengkol menjadi pilot project untuk pelaksanaan sistem digital.

“Desa Cijengkol ini memang menjadi binaan kami Dinas Kominfo Kabupaten Sukabumi untuk menjadi pilot project. Alhamdulillah, hasilnya luar biasa karena Cijengkol ini me­mang memiliki potensi. Di Cijengkol ini ada beberapa anak muda yang menguasai IT, jadi kami sering berkolaborasi un­tuk membangun sistem digital, ” ungkapnya.

Yusep berharap ke depan pemilihan RT, RW, BPD dan kepala desa akan mengguna­kan sistem digital. “Saat ini Kominfo sedang mempersi­apkan sistem jaringannya sehingga tidak ada lagi area yang blank spot. Mudah­-mudahan saja ini segera bisa terwujud untuk seluruh wi­layah Kabupaten Sukabumi, ” tambahnya.

Untuk diketahui, hasil dari e­Voting, Reka Mawarni Sofa terpilih menjadi ketua BPD Digital Cijengkol dari keter­wakilan perempuan untuk periode 2019­2025 dengan perolehan suara 40,82 persen, mengalahkan kandidat lain.Di tempat yang sama, Ketua Panitia Pemilihan BPD Cijeng­kol Mohammad Zakariya Ansori mengucapkan terima kasih kepada seluruh masy­arakat Cijengkol yang sudah memberikan suaranya pada pemilihan BPD Cijengkol.

“Ini baru pertama kali dise­lenggarakan pemilihan BPD dengan sistem digital. Hara­pannya tentu BPD yang sudah terpilih bisa bekerja sesuai tupoksi dan bisa bersinergi dengan pemerintahan desa untuk sama­sama mendorong pembangunan ke arah yang lebih baik, ” pungkasnya. (hms/ade/suf/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *