Pendaftar Balon Kades di Rumpin Membeludak

by -

METROPOLITAN – Panitia Penyel­enggara Pemilihan Kepala Desa (Pil­kades) di Desa Sukamulya dan Desa Rabak, Kecamatan Rumpin, dipastikan akan bekerja ekstra dalam Pilkades Serentak 2019. Dua desa tersebut me­miliki jumlah bakal calon kepala desa (balon kades) lebih dari lima orang, sehingga perlu seleksi tambahan untuk mengerucutkannya.

Sekretaris Panitia Pilkades Kecamatan Rumpin, Cucu Sutisna, mengatakan, dari 14 desa, 12 di antaranya meng­gelar Pilkades Serentak pada 3 Novem­ber 2019. Hingga akhir masa pendaf­taran, tercatat 50 orang mendaftar se­bagai balon kades. “Ada dua desa yang punya calon lebih dari lima orang. Nanti ada tambahan seleksi karena aturannya seperti itu,” ujar Cucu.

Saat ini, sambung dia, panitia di ting­kat desa sedang melakukan tahap ve­rifikasi dan validasi berkas persyaratan balon kades. Dalam tahapan ini, balon kades yang tidak memenuhi syarat akan dicoret. “Tapi jika semua balon lolos tahap penelitian berkas, maka bagi desa yang lebih dari lima balon akan diadakan seleksi tambahan,” terangnya.

Sesuai Perbup 37 Tahun 2019 tentang Pilkades Serentak, tambah dia, batas akhir tahapan verifikasi jatuh pada 8 September 2019. Untuk itu, balon kades yang belum lengkap berkasnya masih ada waktu untuk melengkapi.(mul/c/fin/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *