Polisi Periksa Pemilik Pabrik Alumunium

by -30 views

METROPOLITAN.id – Polres Metro Jakarta Utara memeriksa pemilik pabrik alumunium beserta 4 pekerjanya yang beroperasi di wilayah Cilincing, Jakarta utara. Pemeriksaan dilakukan terkait produksi alumunium yang menghasilkan asap melebihi batas baku mutu yang diatur oleh undang-undang lingkungan hidup.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto mengatakan, mereka yang dimintai keterangan di antaranya berinisial MN selaku pemilik dan 4 orang perkerja KRL, LW, FHR dan FZN.

“Berdasarkan investigasi kami ada dugaan pelanggaran terhadap undang-undang perdagangan maupun undang-undang lingkungan hidup. Untuk itu kita akan menginvestigasi seluruh tempat tersebut,” kata Budhi.

Pemantauan sementara diduga ada pencemaran udara. Menurut Budhi, jika dilihat dari lokasi dan peralatan yang ada, pabrik sudah beroperasi cukup lama.

“Selama ini mungkin proses pengolahannya ataupun mungkin proses produksinya itu tidak sampai terlalu mengganggu lingkungan. Kalau mungkin, masih di bawah batas baku mutu pencemaran kan itu masih diperbolehkan. Tapi nggak boleh itu kalau sudah di atas ambang baku mutu yang dipersyaratkan,” ungkapnya.

Selain itu, Budhi meminta permasalahan ini tak hanya ditangani kepolisian saja. Ia meminta ada peran dari Wali Kota Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko untuk menindak pabrik tersebut.

“Sudin Lingkungan Hidup maupun dari Sudin perdagangan dan lainnya harus sama-sama melakukan pengecekan. Tugas kita bersama juga ini tanggung jawab kita bersama,” pungkas Budhi. (ktr/fin)

Loading...