Ridwan Kamil Ambil Alih Sungai Cileungsi

by -460 views

METROPOLITAN – Melihat kondisi Sungai Cileungsi Kabupaten Bogor semakin tercemar, Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) mengambil alih penanganan sungai yang melintas di Kabupaten Bogor dan Bekasi itu.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor pada Februari menyatakan kesanggupannya untuk menangani pencemaran Sungai Cileungsi. Sejumlah upaya telah dilakukan, seperti menindak industri yang membuang limbah ke sungai.

Jika penanganan pencemaran Sungai Cileungsi dinilai belum optimal, Pemprov Jabar lewat Satgas bersedia menangani pencemaran Sungai Cileungsi, baik jangka pendek, menengah dan panjang. Menurut Ridwan Kamil, kerja sama dengan kepolisian dan TNI dilakukan untuk memberikan efek kontrol yang lebih.

Sebab, dinamika pencemaran lingkungan tak hanya soal kurangnya tindakan dari dinas terkait. Nantinya payung hukum bagi Satgas Sungai Cileungsi merujuk pada keberhasilan Satgas Sungai Citarum yang akan dibuat dengan mengeluarkan SK Gubernur dan MoU.

”Keberhasilan Citarum diduplikasi secara organisatoris. Tidak hanya Sungai Cileungsi, tapi juga sungai lainnya seperti Cilamaya, ” ujar pria yang akrab disapa Emil ini.

Emil mengatakan, penanganan pencemaran Sungai Cileungsi dapat diselesaikan dengan kolaborasi dan sinergi berbagai pihak.

”Untuk itu, kami mengusulkan ada kerja sama multi pihak antara pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi, pemerintah daerah kabupaten, aparat dan masyarakat, ” katanya.

Sementara itu, Pemprov Jabar melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jabar telah menyusun Rencana Aksi Penanganan Pencemaran Sungai Cileungsi, baik jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang. Menurut Kepala DLH Provinsi Jabar Bambang Riyanto, Satgas Sungai Citarum akan dijadikan role model tunggal dalam upaya penanganan pencemaran Sungai Cileungsi. (rol/els/py)