RSUD Cileungsi Menuju Akreditasi SNARS

by -38 views

CILEUNGSI – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cileungsi kini menuju akreditasi Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) edisi 1/2017. Hal tersebut ditetapkan setelah RS yang berada di wilayah timur Kabupaten Bogor itu disurvei Tim Penilai.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin, mengatakan, rumah sakit sebagai institusi pemberi pelayanan kesehatan bertanggung jawab dan memiliki peranan penting dalam mewujudkan kesehatan masyarakat.

”Untuk menuju pelayanan kesehatan yang maksimal, Pemkab Bogor tentu memperhatikan serius keberadaan empat RSUD, termasuk RSUD Cileungsi dengan cara mendukung upaya peningkatan sarana-prasarana, perbaikan manajemen, pelayanan keperawatan, rekam medik, pelayanan gawat darurat hingga peningkatan kualitas SDM insan kesehatan,” bebernya.

Burhanudin menambahkan, jajarannya juga akan terus menstandarkan pelayanan kesehatan hingga mutunya membuat masyarakat puas. ”Peningkatan mutu pelayanan RSUD ini dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan dan tingkat kepuasan masyarakat atau publik, mutu pelayanan yang kami berikan harus sesuai standar baku yang diatur Kementerian Kesehatan,” tambahnya.

Salah satu upaya standarisasi baku pelayanan publik, sambung dia, adalah dengan menempuh penilaian akreditasi yang dilakukan Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS). ”Kami percaya penilaian yang dilakukan KARS karena merupakan lembaga independen penyelenggara penilaian akreditasi yang telah ditetapkan pemerintah. Dengan akan ditetapkannya akreditasi RSUD Cileungsi sesuai standar SNARS 1/2017, otomatis mutu pelayanan publik rumah sakit ini meningkat,” tuturnya.

Burhanudin melanjutkan, peningkatan mutu pelayanan publik sesuai standar baku merupakan wujud komitmen Bupati Bogor, Ade Yasin, dalam menjalankan visi-misi Panca Karsa dalam hal ini Karsa Bogor Sehat. ”Bupati Ade Yasin sangat mendukung proses akreditasi pelayanan publik RSUD Cileungsi maupun terbangunnya RSUD berkualitas demi terwujudnya Panca Bogor Sehat,” pungkasnya. (*/els/py)