Rumah Zakat Resmi Luncurkan BUMMas

by -15 views

SUKABUMI – Lembaga Sosial Rumah Zakat (RZ) melaunching Badan Usaha Milik Masyarakat (BUMMas), di Dusun Pondok Leungsir RT 024/007, Desa Cisande Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi,  kemarin.

Branch Manager Rumah Zakat Cabang Bogor, Uus Kusnadi menjelaskan tujuan didirikannya bummas ini untuk mengembangkan potensi ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan masyarakat.

“Bummas ini menjadi salah satu program dari Desa Berdaya, yaitu pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan lingkungan agar lebih produktif. Diinisiasi oleh Rumah Zakat melalui Relawan Inspirasi di setiap daerahnya,” ujarnya.

Saat ini, Sukabumi masuk ke dalam pengelolaan Rumah Zakat Cabang Bogor. Dimana, di wilayah Cabang Bogor tersebut telah terdapat 31 Desa Berdaya dan 3 Bummas, salah satunya berada di Desa Cisande Kecamatan Ciantayan ini. “Kalau se-Indonesia itu sudah ada 1400 Desa Berdaya,” tambah Uus.

Kehadiran Bummas yang diinisiasi Rumah Zakat itu, disambut baik oleh pihak Kecamatan Cicantayan dan tokoh masyarakat Cisande. “Terobosan luar biasa dan inspirasi bagi yang lain. Ini menunjukkan geliat masyarakat yang religius dan mandiri,” tutur Kasi Pemerintahan Kecamatan Cicantayan sekaligus Pembina Desa Cisande, Elis Sajaah.

“Kami sebagai pribumi mendukung program ini, dan semoga ke depan bisa diberikan kelancaran. Rumah Zakat ini memberikan peluang bagi masyarakat yang memiliki usaha dan ingin mengembangkan atau berkeinginan untuk membuka usaha,” ungkap tokoh masyarakat Cisande, K.H. Aa Ujang Kosasih.

Sementara itu relawan Inspirasi Rumah Zakat, Maman Mulyana mengatakan sudah ada beberapa produk yang dikelola dan dihasilkan dari Desa Berdaya tersebut. “Ada budi daya cacing, budi daya lele, abon lele, sistik tulang lele, kerupuk kulit lele, kerupuk lele,” ungkap Maman. (suc/suf)