Rutin Salurkan Air kala Musim Kemarau

by -10 views
DISTRIBUSI: Pemdes Leuwimekar bersama karang taruna mendistribusikan air bersih ke wilayah terdampak kekeringan.

METROPOLITAN – Pemerintah Desa (Pemdes) Leuwimekar, Kecamatan Leuwiliang, bersama karang taruna mendistribusikan air bersih ke delapan kampung yang dilanda kekeringan, seminggu sekali. Salah satunya bantuan 12 ribu liter air bersih di Kampung Sukamulya dan Kampung Kandangsapi RW 01, belum lama ini.

Warga Sukamulya RW 01, Ilma (23), mengaku kekeringan yang melanda kampungnya sudah terjadi sejak tiga bulan lalu. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, warga terpaksa harus mengambil air di sawah sejauh dua kilometer. “Kalau mata air di sawah kering, warga terpaksa beli air galon Rp4.000,” ujarnya.

Dengan adanya bantuan air bersih dari Pemdes Leuwimekar dan karang taruna, warga sangat terbantu. “Saya berharap Bupati Bogor Ade Yasin membuatkan sumur bor di wilayah kami. Ketika musim kemarau, warga tidak lagi kesulitan mendapatkan air bersih,” pintanya.

Tokoh masyarakat Desa Leuwimekar, Emay Sumarno, mengatakan bahwa Desa Leuwimekar jadi langganan kekeringan saat musim kemarau. Untuk itu, pemdes bersama karang taruna setiap satu minggu sekali menyalurkan bantuan air bersih ke wilayah yang mengalami kekeringan. (ads/yos/b/yok)