Sentral Pembuat Keripik Lele

by -

METROPOLITAN Setiap desa memiliki potensinya masing – masing. Salah satunya, Desa Cihideung Ilir, satu dari 417 desa di Kabupaten Bogor.

Desa seluas 7.777 hektate, dengan jumlah penduduk 10.370 jiwa yang berdomisili di 27 RT, lima RW dan dua wilayah Kepala Dusun (Kadus, red) ini, desa setempat memiliki potensi pada sumber daya manusia yang mempuni.

Salah satunya, para warga yang ikut berwirausaha dalam pembuatan kripik yang berbahan dasar dari ikan lele. Pjs Kepala Desa Cihideung Ilir Iing Supriatin menjelaskan, Cihideung Ilir satu dari beberapa desa di Ciampea dan Dramaga yang masuk kedalam lingkaran wilayah Universitas IPB.

“Potensi letak geografis ini harus dimanfaatkan dengan baik. Tentu, dengan kawasan ini bisa membuat mata pencarian bagi warga desa,” jelas Iing kepada Metropolitan, kemarin.

Dunia wirausaha, kata dia, cukup menjanjikan. Hal itu, lantaran sudah ada pasar terbuka dengan banyaknya mahasiswa IPB. Sedangkan, untuk usahanya, beberapa kali warga di wilayah ini mendapatkan pelatihan.

“Seperti, pembuatan kripik (krupuk) yang berbahan dasar dari ikan lele. Alhamdulillah, sudah pernah ikut pameran juga. Jelas ini aset dan potensi. Harus terus di dukung penuh,” beber lelaki kelahiran 17 Februari 1966 tersebut.

Tak hanya pelatihan prodak berbahan dasar ikan lele, namun ada juga pelatihan dari mahasiswa IPB untuk pembuatan komestik dari bahan dasar rumput laut.

“Kami (pemdes setempat) juga dalam waktu dekat ini akan mengaktifkan fungsi BUMDes yang nantinya menjadi wadah warga berwirausaha,” tandasnya. (yos/b/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *