Simpang Ciseeng Pintu Masuk Kawasan Terpadu

by -103 views

CISEENG – Percepatan pembangunan bakal terjadi di wilayah bagian utara Kabupaten Bogor. Salah satunya kawa­san terpadu seiring adanya rencana pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Utara.

Salah satu pintu masuk ke kawasan terpadu tersebut adalah Simpang Ci­seeng yang merupakan titik jalur per­temuan yang menjadi penghubung Kecamatan Parung, Ciseeng, Kemang, Gunungsindur dan Rumpin. “Saat ini jalan simpang Ciseeng memang sudah agak lebar, dan membantu kelancaran lalu lintas disana,” ujar tokoh pemuda Asep Ashary.

Namun dia berharap, perluasan jalan simpang Ciseeng juga diiringi peny­ediaan sarana lainnya di sebuah jalan umum yang ramai oleh intensitas lalu lalang kendaraan. Menurutnya, jalan Simpang Ciseeng merupakan titik stra­tegis yang sangat perlu diperhatikan.

“Sudah selayaknya di titik ini PJU diperbanyak, rambu lalu lintas dan petunjuk arah juga diperbanyak. Masa lampu lalu lintas aja sekarang mati tidak diperbaiki,” ujar Ruben sapaan akrabnya.

Sementara saat dikonfirmasi, per­kembangan rencana kawasan strate­gis di bagian Utara Kabupaten Bogor, Kepala Bagian Program dan Pengen­dalian Pembangunan Asisten Ekbang Sekda Kabupaten Bogor Ajat Rohmat Jatnika mengatakan, penyediaan sarana utilitas umum memang men­jadi hal penting untuk pengembangan wilayah, termasuk penataan jalan utama dan titik strategis di satu wi­layah.

Menurutnya, rencana pengembangan wilayah akan di integrasikan dengan berbagai dinas teknis, termasuk dengan aparatur dari tingkat desa hingga ke­camatan.

Dia menegaskan, Pemkab Bogor melalui Bagian Prodalbang Sekda dan Bappeda masih terus melakukan kajian serta pendalaman pengembangan wi­layah terintegrasi tersebut secara ber­tahap. “Tahap awal ini Pemkab Bogor fokus pada kajian serta rencana pembangunan RSUD serta jalan lingkar Ciseeng Gunungsindur sepanjang 7 kilometer,” ucapnya. (pb/els/py)