Warga Bojongrangkas Pertanyakan Bantuan RTLH

by -20 views
SEDIH: Rumah warga Bojongrangkas Yeni belum dibangun padahal sejak lima tahun sudah mengajukan bantuan perbaikan RTLH.

CIAMPEA – Warga Kampung Warungborong Cuitan RT 01/01, Desa Bojongrangkas, Kecamatan Ciampea mempersoalkan adanya bantuan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Pemerintah Kabupaten Bogor. Sebab, hingga kini belum juga dibangun padahal sudah mengajukan bantuan RTLH. “Sudah lima tahun mengajukan bantuan RTLH tapi tak kunjung terealisasi. Bahkan, sekarang sudah habis lagi masa jabatan kades yang lama tapi belum juga dibangunkan rumah saya,”keluhnya.

Untuk mengurangi rasa penasaran kapan rumahnya dibangun, Yeni sempat menanyakan kembali ke aparat di desa, namun hanya janji yang didapat. “Padahal saya udah dijanjikan mau turun material bangunan tapi sampai sekarang belum terlihat tuh bantuan yang turun,”keluhnya.

Ia berharap rumah yang berukuran 5×5 meter persegi bisa cepat dibangun sebab saat hujan turun kebocoran dan rawan roboh. “Sudah rumah kecil dan rawan roboh, diisi lima orang yakni anak dan suami semakin pengap aja,” keluhnya.

Menangapi persoalan tersebut, Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Bojongrangkas Syamsuddin akan mengecek kembali ke staf dan Tim Pelaksana Kerja (TPK) kecamatan terkait program bantuan RTLH yang ada di desanya. “Nanti saya tanyakan. Apakah memang sudah turun bantuan RTLH  atau belum, agar lebih jelas,” katanya.

Terpisah, Staf Kasir Ekbang Kecamatan Ciampea Iing mengatakan untuk pembangunan RTLH sudah diserahkan ke pihak desa. Tapi, pihak kecamatan akan ikut mengawasi dan mengawal pembangunannya, baik itu, pembangunan dari bantuan program pemerintah kabupaten, pemerintah pusat atau provinsi. “Kita akan pantau pembangunan RTLH di Bojongrangkas. Apakah sudah teralisasi pembangunan RTLH-nya atau belum dikerjakan,” tukasnya. (ads/b/els)