1.100 Pelajar Ikut BSC 2019

by -68 views
BERTARUNG: Pelajar Kota Bogor tengah mengikuti Kejuaraan BSC tahun lalu

METROPOLITAN – Sebanyak 1.100 pelajar dari berbagai daerah mendaftarkan diri dalam Kejuaraan Pencak Silat ‘Bogor Silat Championship (BSC) 2019’. Kejuaraan yang diikuti pelajar tingkat SD hingga SMA atau sederajat ini diselenggarakan Pengurus Cabang Ikatan Pencak Silat Indonesia (Pengcab IPSI) Kota Bogor. Acara akan berlangsung selama dua hari dari Sabtu hingga Minggu (2-3/11) di GOR Pajajaran Kota Bogor.

Ketua Pelaksana BSC, Rodist Bayu, mengatakan BSC adalah Kejuaraan Pencak Silat terbuka yang boleh diikuti para pesilat mulai dari pelajar SD, SMP dan SMA serta SMK, yang levelnya adalah tingkat nasional. Hingga saat ini, sudah tercatat lebih dari 1.100 pesilat yang menyatakan siap untuk belaga di arena Kejuaraan Pencak Silat BSC.

“BSC 2019 ini diikuti para pesilat yang bukan saja dari Kota Bogor, tetapi juga para pesilat dari berbagai daerah, misalnya dari Probolinggo, Garut, Serang, Palembang, Jakata, Purwakarta, Bekasi, Kabupaten Bogor serta beberapa daerah lainnya yang sudah mendaftarkan diri, kepada kami,” kata Rodist.

Dalam event ini, menurutnya, pertandingan dibagi dalam dua kategori yakni untuk pesilat tingkat SD dan SMP akan dilakukan dengan sistem pemasalan. Sedangkan, untuk pesilat tingkat SMA atau SMK akan dilakukan dengan sistem prestasi, sehingga hasil dari kejuaraan ini benar-benar bisa diandalkan sebagai prestasi siswa. “Semua perangkat pertandingan akan dilaksanakan Pengcab IPSI Kota Bogor, termasuk juga wasit dan juri. Kita ambil dari Komisi Wasit Pengcab IPSI Kota Bogor,” ucap dia.

Yang menarik dalam event BSC ini, lanjut Rodist, di mana ada juga tim pesilat tamu kehormatan yang datang dari luar negeri, yakni dari Uzbekistan. Tim pesilat Uzbekistan ini berjumlah 5 orang. Mereka akan hadir dan mengikuti pertandingan dengan pesilat dalam negeri. “Makanya untuk nomor eksebisi ini kami akan menyiapkan pesilat pesilat tangguh, yang bisa mengalahkan pesilat Uzbekistan,” imbuhnya.

“Pesilat Uzbekistan ini, kebetulan sedang melakukan lawatan ke Asia dan Eropa. Mereka sudah mengelilingi Singapura, Vietnam, Malaysia dan kebetulan mereka singgah di Indonesia. Kebetulan juga kami sedang menyelenggarakan Kejuaraan Pencak Silat ini makanya mereka berminat sekali untuk ikut pertandingan Pencak Silat ini, walaupun hanya bersifat eksebisi,” sambung Rodist.

“Usai mengikuti pertandingan eksebisi di Kota Bogor, para Pesilat dari Uzbeksitan yang berjumlah lima orang itu akan terus melanjutkan lawatannya dengan mencari lawan-lawan tanding ke eropa” tutupnya.(ber/ar/rez)