18 Tahun Rusak, Warga Tanam Pisang di Jalan

by -25 views

SUKABUMI – Warga yang tinggal di perbatasan Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu, dengan Desa Cisaat, Keca­matan Cicurug, kesal dengan kondisi jalan yang dibiarkan rusak selama kurang lebih 18 tahun. Jalan desa ini tak kunjung diperbaiki walaupun warga sudah mengusulkan ke pemerintah desa hingga akhir­nya memutuskan berkebun di jalan rusak.

Jalan tersebut beberapa hari lalu ditanam pohon pisang oleh warga Kampung Cidahu, Desa Cisaat, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. Menurut warga, jalan sepanjang satu kilometer itu merupakan aset Desa Girijaya, Kecamatan Ci­dahu, Kabupaten Sukabumi.

Warga setempat, Dian Per­madi, mengaku kondisi jalan tersebut sangat susah dilintasi untuk beraktivitas. Pengen­dara harus ekstra hati-hati hingga memakan waktu. ”Saya sudah capek jalan seperti ini. Yang harusnya 15 menit sam­pai tempat kerja, ini malah bisa sampai satu jam,” ujarnya.

Bahkan, lanjut Dian, sempat ada pedagang yang melintas menggunakan motor terjatuh karena memang sudah tak layak digunakan. “Lihat saja batunya besar-besar,” bebernya.

Sementara itu, Pejabat Se­mentara Kepala Desa Girijaya Subandi mengaku harus ber­koordinasi dulu dengan jajar­annya terkait persoalan ini. Ia tidak mengetahui kenapa jalan tersebut belum masuk skala prioritas pembangunan. ”Saya belum pernah koordinasi dengan kepala desa yang lama soal jalan ini,” tuturnya.

Subandi mengaku warga sempat meminta jalan tersebut diperbaiki dengan datang langs­ung ke rumah mantan kelapa desa sebelumnya. ”RW sekitar sudah pernah mengusulkan dengan datang langsung ke rumahnya. Seharusnya sudah masuk program tapi ini tidak ada dalam program,” ucapnya. (suc/suf/run)