195 Tenaga Pendidik Digembleng Tingkatkan Kualitas Dapodik

by -212 views
SAMBUTAN: Perwakilan dari Disdik Kabupaten Bogor tengah memberikan sambutan dalam kegiatan penguatan dan evaluasi pendataan dalam upaya peningkatan kualitas Dapodik, kemarin

METROPOLITAN – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor menyelenggarakan kegiatan penguatan dan evaluasi pendataan dalam upaya peningkatan kualitas Dapodik, kemarin. Kegiatan yang diikuti sebanyak 195 tenaga pendidik di Bumi Tegar Beriman ini berlangsung di salah satu hotel di bilangan Jalan Raya Paledang, Kota Bogor.

Kasubag Program dan Pelaporan Disdik Kabupaten Bogor, Maman Nurpadilah, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan penggunaan aplikasi Dapodik terbaru, hingga memverifikasi akurasi data.

“Peserta sebanyak 195 orang yang terdiri dari 40 koordinator layanan satuan pendidikan, 40 komisariat SMP, dan 114 unsur operator SD. Di mana pelaksanannya dilakukan selama dua hari mulai tanggal, 21-22 Oktober,” kata Maman.

Menurutnya, pengebalan teknis program dapodik terbaru berkaitan dengan pemetaan data hingga analisis data suspec dan teknik cara perhitungan kerusakan ruang kelas. “Paparan materi melibatkan narasumber dari Sekretaris Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah serta Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor,” ujar Maman.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Entis Sutisna, mengimbau agar pengimputan data Dapodik bisa lebih akurat sebagai acuan pemetaan kondisi lembaga. “Hasil yang diharapkan pasca kegiatan ini, pemerintah daerah bisa mendapatkan data pokok pendidikan yang benar dan akurat. Selain itu, kompetensi tenaga operator mampu berkembang pesat,” katanya.

Sambung Entis, pihaknya juga meminta kepada para kepala sekolah agar terus melakukan pemantauan Dapodik secara berkala. “Saat ini sistem pemantauan, dan verifikasi bantuan dari pemerintah pusat dipetakan melakui Dapodik. Hal tersebut juga berlaku bagi pengambilan kebijakan di tingkat daerah, sesuai data yang terhimpun,” tandasnya.(rez)