516 Kios bakal Dibangun di Rest Area Puncak

by -12 views

METROPOLITAN – Pembangunan Rest Area Gunung Mas, di kawasan Cisarua, Puncak Bogor segera berlanjut ke tahap pembangunan kios-kios Pedagang Kaki Lima (PKL). Rencananya, kios PKL yang akan dibangun ini berjumlah 516 kios. “516 kios, 100 kios basah untuk yang jualan sambil masak di tempat, 416 kios kering untuk yang jualan oleh-oleh,” kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bogor, Nuradi.

Saat ini, kata dia, cut and fill di Rest Area Gunung Mas sudah mulai selesai dilakukan. Sementara proyek pembangunan kios-kios PKL ini rencana akan dianggarkan dalam APBD tahun 2020 dan ditargetkan selesai selama 8 bulan.

Anggaran yang dibutuhkan tersebut bertambah dari sebelumnya. Awalnya, pemerintah membutuhkan Rp15 miliar untuk membangun 416 kios, namun karena ada tambahan 100 kios, anggaran pun ikut bertambah. “Jadi sekitar Rp18 miliar. Itu akan dianggarkan di APBD 2020,” ungkapnya.

Pembangunan Rest Area Gunung Mas ini juga melibatkan tiga instansi yakni Pemkab Bogor, Dirjen Bina Marga dan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR. “Pengerjaannya ini simultan. Kita targetkan 2020 selesai,” pungkas Nuradi. (cr2/b/els)