Aksi Kungfu Tolle Berujung Sanksi

by -

METROPOLITANPemain bertahan PSIM Yogyakarta, Achmad Hisyam Tolle, mendapatkan sanksi tegas dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. Sanksi ini diberikan terkait insiden tak terpuji mewarnai derbi Mataram, PSIM Yogyakarta melawan Persis Solo, pada pekan ke-20 Grup Timur Liga 2 2019.

Kericuhan antar pemain mewarnai laga terakhir fase grup Liga 2 2019 tersebut. Tolle melakukan tindakan tak terpuji pada laga yang berlangsung di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Senin (21/10).

Dalam pertandingan lanjutan Liga 2 2019 yang berakhir dengan kemenangan Persis 3-2 tersebut, Tolle melayangkan tendangan kungfu ke arah pemain Persis Solo. Tak hanya itu, Tolle juga melakukan intimidasi kepada awak media yang sedang meliput.

Tolle pun menjadi sorotan berbagai pihak penggiat sepak bola. Tak terkecuali insan media massa yang kemudian melayangkan protes kepada PSSI. Tiga hari lalu, Tolle sejatinya telah menyampaikan permohonan maaf kepada wartawan dan Persis Solo.

“Saya pribadi mau menyampaikan perihal tentang kejadian kemarin pada saat pertandingan PSIM Yogyakarta melawan Persis Solo,” ucap Achmad Hisyam Tolle. “Pertama-tama saya memohon maaf atas perilaku saya yang buruk sebagai pesepak bola profesional, khususnya saya meminta maaf kepada pemain Persis Solo yang bersangkutan dan juga kepada wartawan,” ujar eks pemain Persiba Balikpapan tersebut menambahkan.

Namun, hal tersebut tak lantas membebaskan Tolle dari sanksi. PSSI telah menentukan sikap terhadap perilaku pemain asal Makassar tersebut. Sesuai hasil sidang Komite Disiplin PSSI pada 25 Oktober 2019, Tolle dihukum larangan bermain selama lima tahun.

Pemain berusia 25 tahun itu dinilai melakukan pelanggaran berupa tendangan ke pemain Persis dan intimadasi kepada wartawan. Tolle pun dilarang beraktivitas di lingkungan PSSI selama lima tahun.

Hukuman larangan bermain juga diberikan kepada pemain PSIM lainnya, Raymond Ivantonius dan Aldaier Makatindu. Raymond dilarang bermain sebanyak dua pertandingan karena terbukti memukul pemain Persis Solo. Adapun Aldaier mendapatkan teguran keras karena telah mengintimidasi wartawan.(bs/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *