Alhamdulillah, Warga Sukamaju Kebagian Dana Perbaikan RTLH

by -21 views
MENANTI: Salah seorang warga Sukamaju, Megamendung, menanti bantuan perbaikan RTLH.

METROPOLITAN – Penantian panjang warga Desa Sukamaju yang menempati Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) nampaknya akan segera berakhir.

Setelah selama dua tahun lebih tidak mendapat bantuan anggaran perbaikan RTLH dari pemerintah, mulai tahun ini akan mendapatkannya.

Warga Sukamaju, Hindun (62) bersyukur rumah reyotnya bakal segera diperbaiki.

Sebab, selama ini kondisinya sudah memprihatinkan.

“Selama ini, kami tidak pernah dapat bantuan dari pemerintah,” ujarnya.

Pelaksana Harian (Plh) Kades Sukamaju, Romli, mengatakan, selama dua tahun ke belakang anggaran perbaikan RTLH memang tidak diserap.

Bukan tanpa alasan,karena anggarannya minim dan calon penerima manfaat banyak lebih dari seratus Kepala Keluarga (KK), maka tak jarang terjadi kesalahpahaman di antara warga.

”Setahun paling hanya menerima 10 atau 12 kepala keluarga. Sedangkan keluarga yang layak dibantu itu banyak, jadi sering terjadi kesalahpahaman,” jelas Romli di kantor Desa Sukamaju, kemarin.

Terpisah, Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan (Kasi ekbang) Kecamatan Megamendung, Agus Sandi menambahkan, tahun depan akan mengupayakan warga Desa Sukamaju segera mendapat bantuan RTLH.

”Kuota bantuan dari Pemerintah Kabupaten Bogor memang sedikit yaitu hanya 5 ribu saja dan dibagi ke 412 desa,”papar Agus.

Jadi, masyarakat calon penerima manfaat harus bersabar dan menunggu giliran.

”Mudah – mudahan saja secepatnya RTLH warga Sukamaju dapat segera direnovasi,” tutupnya. (ash/b/els)